PERENCANAAN DINDING PENAHAN PADA RUAS JALAN TAWAELI- TOBOLI (KM 28+200 – KM 28+500)

-, DELLA APRIANI (2018) PERENCANAAN DINDING PENAHAN PADA RUAS JALAN TAWAELI- TOBOLI (KM 28+200 – KM 28+500). Sarjana thesis, UNIVERSITAS TADULAKO.

Full text not available from this repository.

Abstract

Masalah longsoran sering terjadi di Indonesia terutama pada saat musim hujan dan dapat mengakibatkan kerugian materi bahkan korban jiwa. Salah satu ruas jalan yang sering mengalami longsor adalah pada ruas jalan Tawaeli-Toboli. Berdasarkan kondisi tersebut, maka penulis melakukan studi yang bertujuan merencanakan suatu dinding penahan yang aman terhadap stabilitas pergeseran, penggulingan, daya dukung, dan penurunan dinding penahan tipe kantilever. Dalam perencanaan dinding penahan untuk tipe kantilever jika tinggi H > 15 m, tidak efisien baik ditinjau dari segi keamanan struktur maupun dalam pelaksanaan pekerjaan, maka untuk mengatasi masalah ini metode perencanaan akan dibuat secara bersusun. Dari hasil perhitungan dinding penahan tanpa dipengaruhi beban gempa dinding penahan tanah tipe kantilever (Atas) diperoleh H = 8 m dan B = 4,8 m. Kemudian untuk perencanaan dinding penahan tanah tipe kantilever (Bawah) diperoleh H = 11 m dan B = 7,5 m. Untuk perencanaan dinding penahan dengan beban gempa dimensi dinding penahan diperbesar karena tidak aman terhadap penggulingan, penggeseran dan daya dukungnya sehingga dimensi menjadi H = 8 m dan B = 8 m untuk dinding penahan tipe kantilever (Atas) sedangkan untuk dinding penahan tipe kantilever (Bawah) menjadi H = 12 m dan B = 8 m. Perencanaan dinding penahan tanah dengan tipe kantilever aman terhadap penggulingan (Fgl), penggeseran (Fgs), stabilitas daya dukung dan penurunan. Dari hasil perhitungan dinding penahan tipe kantilever (Atas) digunakan tulangan pokok D22-75. Sedangkan untuk tulangan bagi digunakan ø16-75. Untuk tulangan tumit menggunakan tulangan pokok D22-75 dan tulangan bagi D16-75. Sedangkan untuk telapak menggunakan tulangan pokok D22-75 dengan tulangan bagi ø16-75. Dalam perencanaan tulangan dinding, tulangan tumit dan tulangan tapak tidak dibutuhkan tulangan geser karena Vu < Φ Vc sesuai dengan yang disyaratkan. Tetapi tetap dipasang tulangan geser minimum dengan jarak 300 mm. Dapat digunakan sebagai suatu solusi dalam menangani kelongsoran yang sering terjadi pada lereng di sisi jalan Tawaeli-Toboli. Kata kunci : Dinding Penahan, Kantilever, Stabilitas, longsoran,, tulangan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Teknik > Teknik Sipil
T Technology > Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Library of Congress Subject Areas > T Technology > Teknik Sipil
Depositing User: ranny ranny
Date Deposited: 11 Nov 2025 02:36
Last Modified: 11 Nov 2025 02:36
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151117
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item