PERBEDAAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA ANTARA SISWA YANG BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS METODE EKSPERIMEN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTIONPADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 SIGI

-, MOH INDRA BEMPAH (2017) PERBEDAAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA ANTARA SISWA YANG BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS METODE EKSPERIMEN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTIONPADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 SIGI. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Moh Indra Bempah, 2017. perbedaan pemahaman konsep fisika antara siswa yang
belajar melalui model pembelajaran problem based learning berbasis metode
eksperimen dengan model pembelajaran direct instruction pada siswa Kelas XI
SMAN 1 Sigi’’. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,
Universitas Tadulako. Pembimbing (I) I Wayan Darmadi, S.SI M.Pd (II) Drs. H,
Muhammad Ali, M,Si
Kata Kunci : problem based learning berbasis metode eksperimen, pembelajaran
langsung (DI), pemahaman konsep
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep
fisika antara siswa yang belajar melalui model pembelajaran problem based learning
berbasis metode eksperimen dengan model pembelajaran direct instruction pada
siswa kelas XI SMAN 1 Sigi. Metode yang digunakan adalah eksperimen kuasi
dengan theequivalent pretest-posttest group design. Populasi penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas XI Mia SMAN 1 Sigi. Teknik pengambilan sampel adalah
purposive sampling. Kelas XI Mia Model II sebagai kelas eksperimen dan kelas XI
Mia II sebagai kelas kontrol. Instrumen pemahaman konsep berupa tes esai yang
telah divalidasi oleh validator. Hasil perhitungan statistik dari pengujian hipotesis
menggunakan uji-t didapatkan harga �ℎ����� > ������ pada taraf nyata � = 0,05 dan
�� = 46 dan untuk harga t lainnya ditolak. Dari daftar distribusi t diperoleh harga
������ = 2,01 sedangkan �ℎ����� = 6,37. Hal ini berarti �0 ditolak sedangkan �1
diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan ada perbedaan antara siswa yang
belajar melalui model pembelajaran problem based learning berbasis metode
eksperimen terhadap pemahaman konsep fisika siswa Kelas XI MIA SMA N 1 Sigi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
L Pendidikan > Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Bayu Anggara Permana
Date Deposited: 11 Nov 2025 02:49
Last Modified: 11 Nov 2025 02:50
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151127
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item