-, DESI ARI SANDI LAKORO (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN 6 PALU. Doktoral thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Desi Ari Sandi Lakoro, (2017), Pengaruh Penggunaan Media Power Point
Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN 6 Palu.
Skripsi, Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan,
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing (I)
H. Syamsul Bahar, Pembimbing (II) Arif Firmansyah
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh penggunaan
media power point terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V
SDN 6 Palu? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh
penggunaan media power point terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran
IPS kelas V SDN 6 Palu. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN
6 Palu dengan jumlah total 60 orang yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas VA dan
kelas VB. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan
pendekatan eksperimen yang menggunakan dua kelompok yaitu kelompok kelas
eksperimen dan kelompok kelas kontrol. Desain yang digunakan dalam penelitian
ini adalah desainTrue eperimental design. Instrumen yang digunakan dalam
pengumpulan data adalah, wawancara, observasi, soal pilihan ganda, dan
dokumentasi. Data hasil belajar siswa diperoleh dari tes awal (pre-test) dan tes
akhir (post-test).Peningkatan hasil tes siswa dari pretest ke posttest dihitung
berdasarkan skor N-gain dengan kriteria berdasarkan tingkat gain yaitu; g > 70
kriteria tinggi, 30 ≤ g ≤ 70 kriteria sedang, dan g > 30 kriteria rendah. Teknik
analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan uji
“t” dengan taraf nyata = 0.05 dan dk = n1+ n2 2. Hasil penelitian diperoleh
nilai N-gain kelas VA (kelas eksperimen) sebesar 49,21 dan kelas VB(kelas
kontrol)sebesar 20,31. Selisih peningkatan antara kelas yang di beri perlakuan
dengan menggunakan media power point (kelas eksperimen) dan kelas yang tidak
menggunakan media power point (kelas kontrol) berdasarkan perhitungan N-gain
adalah 28,90. Hasil perhitungan pada uji hipotesis dengan uji “t” diperoleh nilai
thit lebih besar dari pada ttabel atau 2,20 > 1,67. Jadi, berdasarkan hasil tersebut
maka hipotesis menyatakan terdapat pengaruh hasil belajar siswa dengan
menggunakan media power point pada mata pelajaran IPS kelas V SDN 6 Palu
(H1) “diterima”, dengan demikian ada pengaruh penggunaan media power point
terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN 6 Palu.
Kata Kunci : Media power point, IPS, Hasil belajar
| Item Type: | Thesis (Doktoral) |
|---|---|
| Subjects: | Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar L Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Bayu Anggara Permana |
| Date Deposited: | 11 Nov 2025 02:56 |
| Last Modified: | 11 Nov 2025 02:56 |
| URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151131 |
| Baca Full Text: | Baca Sekarang |

