-, AKRIM YUSUF (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PKn MELALUI METODE TANYA JAWAB DI KELAS XI IPS I SMA NEGERI I MENUI KEPULAUAN. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Akrim Yusuf 2017, Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran PKn
Melalui Metode Tanya jawab Di Kelas XI IPS 1 SMA Negeri I Menui Kepulaian.
Skripsi program sarjana ( S-1 ), Fakultas keguruan Dan ilmu Pendidikan ,
Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Anthonius Palimbong, (II) Hasdin.
Tujuan peelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada
pembelajaran PKn dengan menggunakan metode tanya jawab. Penelitian ini
adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Menui
Kepulauan, melibatkan 22 orang siswa terdiri dari.... orang laki-laki dan ..... orang
perempuan. Pada setiap siklus dilaksanakan tiga kali pertemuan di kelas dan
setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa pada tindakan siklus I diperoleh ketuntasan
klasikal 59% dan daya serap nilai rata-rata hasil belajar siswa 64,5%. Dari 22
orang siswa hanya 13 orang siswa yang memperoleh ketuntasan secara individu
sehingga presentase ketuntasan klasikal mencapai 59%. Berdasarkan hasil analisis
data tersebut, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan tindakan kelas dengan
menerapkan metode tanya jawab belum berhasil sehingga perlu dilakukan
kembali penelitian pada tindakan siklus II. Pada tindakan siklus II diperoleh
ketuntasan klasikal 90,9% dan nilai rata-rata hasil belajar siswa 84,5%. Dari 22
siswa yang mengikuti tes yang tuntas belajar yakni 20 siswa dengan presentase
ketuntasan 90,9%. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa penelitian
tindakan kelas dengan menerapkan metode tanya jawab secara efektif dan efisien
tidak perlu dilanjutkan ke siklus berikutnya. Dengan demikian, pembelajaran
dengan menerapkan metode tanya jawab dinyatakan tuntas dan mencapai
indikator keberhasilan yang telah ditetapkan yakni minimal 75% dan daya serap
klasikal minimal 75%. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan metode
tanya jawab dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn.
Kata kunci : peningkatan hasil belajar; Metode Tanya Jawab
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan L Pendidikan > Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan |
| Depositing User: | Bayu Anggara Permana |
| Date Deposited: | 11 Nov 2025 03:09 |
| Last Modified: | 11 Nov 2025 03:09 |
| URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151135 |
| Baca Full Text: | Baca Sekarang |

