-, SAMSIAH MUHAMAD (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERSAMAAN KUADRAT DI KELAS X MIPA 2 SMA NEGERI 5 PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Samsiah Muhamad, 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI
(Team Assisted Individualization ) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
Pada Materi Persamaan Kuadrat di Kelas X MIPA 2 SMA Negeri 5 Palu,
Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Muh. Hasbi, (II) Marinus
B. Tandiayuk.
Tujuan utama penelitan ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe TAI dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa
pada materi persamaan kuadrat di kelas X MIPA 2 SMAN 5 Palu. Rancangan
penelitian mengacu pada model Kemmis dan Mc. Taggart, yang terdiri dari empat
komponen, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4)
refleksi. Data yang dikumpulkan berupa data aktivitas guru dan siswa melalui lembar
observasi, hasil wawancara, dan hasil catatan lapangan. Penelitian ini dilaksanakan
dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dengan mengikuti
fase-fase sebagai berikut: 1) menyampaikan tujuan pembelajaran dan memotivasi
siswa, 2) menyajikan materi dan mengajar kelompok (Teaching groups), 3)
mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok dan kreatifitas siswa (Student
creative), 4) Belajar kelompok (Team study) dan membimbing kelompok belajar
5) Evaluasi dan Test fakta (Fact test), dan 6) Memberikan Penghargaan. Dari hasil
analisis tes akhir tindakan siklus I dan siklus II yang diikuti oleh seluruh siswa
kelas X MIPA 2 yang berjumlah 32 orang menunjukkan bahwa pada siklus I
dengan persentase ketuntasan klasikal yang dicapai sebesar 62,5% sedangkan pada
siklus II dengan persentase ketuntasan klasikal yang dicapai sebesar 78,12%. Hal
ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II
yang telah berhasil mencapai nilai KKM yang diharapkan yaitu ≥ 75%. Pada aktivitas
guru dan siswa pada siklus I berada dalam ketegori baik, sedangkan pada siklus II
berada dalam kategori sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan
pada aktivitas guru dan siswa dari siklus I ke siklus II yang telah berhasil mencapai
kategori yang diharapkan yaitu dari baik ke sangat baik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi persamaan
kuadrat di kelas X MIPA 2 SMAN 5 Palu melalui aktivitas yang dilakukan siswa
dalam proses pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi, wawancara,
dan tes akhir tindakan yang dilakukan oleh peneliti.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI, Hasil Belajar, Persamaan
Kuadrat.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika L Pendidikan > Pendidikan Matematika |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Bayu Anggara Permana |
| Date Deposited: | 11 Nov 2025 03:14 |
| Last Modified: | 11 Nov 2025 03:14 |
| URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151138 |
| Baca Full Text: | Baca Sekarang |

