PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) PADA SISWA KELAS V SDN INPRES 3 TONDO

-, MOHAMMAD SYAOKI (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) PADA SISWA KELAS V SDN INPRES 3 TONDO. Sarjana thesis, UNIVERSITAS TADULAKO.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mohammad Syaoki,2017. Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Narasi dengan menggunakan Pedekatan CTL (Contextual Teaching And Learnin)Pada siswa Kelas V SDN Inpres 3 tondo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Efendi, Pembimbing (2) Yun Ratna Lagandesa.
Salah satu penyebab rendahnya Kemampuan Menulis karangan narasi anak yaitu karena kurangnya partisipasi, motivasi, dan metode pembelajaran yang monoton. Sehingga fokus dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pendekatan CTL (Contextual Teaching And Learning) dapat meningkatakan Kemampuan menuis kaangan narasi pada siswa kelas V SD Inpres 3 Tondo. Penelitian ini bertujuan untuk meliahat peningkatan kemampuan menulis karangan narasi melalui pendekatan CTL (Contextual Teaching And Learning). Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil belajar siswa dikatakan tuntas apabila memperoleh ketuntasan belajar individu sekurang-kurangnya 65%. Suatu kelas dikatakan tuntas belajar jika persentase klasikal sekurang-kurangnya 70%, dan dikatakan berhasil jika nilai rata-rata baik atau sangat baik. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dengan hasil yang diperoleh yaitu kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran mulai dari siklus I sampai dengan siklus II secara berurutan yaitu 74,66% kategori cukup dan 87,36% kategori baik. Sedangkan kemampuan siswa dalam menerima pembelajaran mulai dari siklus I sampai dengan siklus II secara berurutan yaitu 71,42% kategori cukup dan 88,75% kategori baik. Hasil belajar siswa mulai siklus I sampai dengan siklus II secara berurutan yaitu persentase ketuntasan belajar klasikal siklus I 79,16% kategori baik dan persentase kentutasan belajar klasikal siklus II 91,66% kategori sangat baik. Dari data yang diperoleh terjadi peningkatan pada setiap siklus. Dengan demikian adanya Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Narasi dengan menggunakan Pedekatan CTL (Contextual Teaching And Learning)Pada siswa Kelas V SDN Inpres 3 tondo
Kata kunci : Hasil Belajar, Pendekatan Pembelajaran Kontekstual, Peningkatan Menulis Karangan Narasi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
L Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: ranny ranny
Date Deposited: 11 Nov 2025 03:18
Last Modified: 11 Nov 2025 03:18
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151139
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item