-, ROFIUL MAHMUDA (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMEN DIVISION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS VIII A SMP NEGERI 1 RIO PAKAVA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS TADULAKO.
Full text not available from this repository.Abstract
Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievemen Division) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn di Kelas VIII A SMP Negeri 1 Rio Pakava. Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Jamaludin, Pembimbing (II) Imran.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievemen Division). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Desain penelitian yang digunakan mengacu pada model PTK yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart dengan 4 tahap (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan tindakan, (3) Observasi, dan (4) Refleksi. Subjek dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII A yang berjumlah 28 orang, sedangkan fokus penelitian adalah aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar. Penelitian ini melalui 2 siklus, siklus I dua kali pertemuan dan siklus II dua kali pertemuan. Tes dilakukan pada setiap akhir tindakan siklus I dan siklus II. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Instrumen penelitian yaitu lembar observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, LKPD (lembar kerja peserta didik), dan lembar tes akhir tindakan siklus I dan siklus II.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa besarnya peningkatan hasil belajar siswa, persentase tes awal 64,86%, tes akhir tindakan siklus ke I 69,36% dan tes akhir tindakan siklus ke II 74,46%. Hasil observasi aktivitas guru siklus I 67,76% dan siklus II 84,84%; aktivitas siswa siklus I 61,84% dan siklus II 85,52%. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas VIII A SMP Negeri 1 Rio Pakava. Peneliti mengajukan saran agar guru dapat menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (student team achievement division) dalam menyampaikan materi pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD; hasil Belajar Siswa, Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn).
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan L Pendidikan > Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan |
| Depositing User: | ranny ranny |
| Date Deposited: | 11 Nov 2025 03:25 |
| Last Modified: | 11 Nov 2025 03:25 |
| URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151144 |
| Baca Full Text: | Baca Sekarang |

