MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN PKn MELALUI METODE PEMBERIAN TUGAS DI SD DDI LABUAN PANIMBA

-, ERNIWATI (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN PKn MELALUI METODE PEMBERIAN TUGAS DI SD DDI LABUAN PANIMBA. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Erniwati (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Mata Pelajaran
PKn Melalui Metode Pemberian Tugas di SD DDI Labuan Panimba. Skripsi
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan,
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I)
Hj. Widayati Pujiastuti, Pembimbing (II) Arif Firmansyah.
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu apakah melalui metode pemberian
tugas dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas IV
SD DDI Labuan Panimba? Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil
belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas IV melalui optimalisasi pemberian
tugas di SD DDI Labuan Panimba. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas
yang dilaksanakan di SD DDI Labuan Panimba, melibatkan 22 orang siswa
terdiri atas 12 orang laki-laki dan 10 orang perempuan yang terdaftar pada tahun
ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Kemmis dan
Mc. Taggart yang terdiri atas dua siklus. Di mana pada setiap siklus dilaksanakan
dua kali pertemuan di kelas dan setiap siklus terdiri empat tahap yaitu
perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa pada pada Pra tindakan nilai rata-rata hasil belajar siswa 40 dan ketuntasan
belajar klasikal 36,36%. Hasil tindakan siklus I menunjukkan nilai rata-rata hasil
belajar siswa 60 dan ketuntasan belajar klasikal mencapai 68,18%. Hasil tindakan
siklus II menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar siswa 82,19% dan ketuntasan
belajar klasikal 90,90%. Hal ini berarti pembelajaran pada siklus II telah
memenuhi indikator keberhasilan dengan ketuntasan belajar klasikal minimal 80%
dan nilai rata-rata hasil belajar siswa minimal 65%. Dengan demikian, maka dapat
disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode pemberian tugas
dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas IV SD
DDI Labuan Panimba.
Kata Kunci : Peningkatan Hasil Belajar Siswa dan Metode Pemberian tugas

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
L Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Bayu Anggara Permana
Date Deposited: 11 Nov 2025 04:13
Last Modified: 11 Nov 2025 04:13
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151172
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item