-, AZIZAH PUTRI RAMADHANI (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERSTRUKTUR PADA MATERI LAJU REAKSI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI MIA SMA NEGERI 3 PALU. Sarjana thesis, UNIVERSITAS TADULAKO.
Full text not available from this repository.Abstract
Azizah Putri Ramadhani, 2018. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri
Terstruktur Pada Materi Laju Reaksi Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir
Kritis Siswa Kelas XI MIA SMA Negeri 3 Palu. Program Studi Pendidikan
Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: (I) Sri
Mulyani Sabang (II) Purnama Ningsih.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran peningkatan
keterampilan berpikir kritis siswa setelah diterapkan model pembelajaran inkuiri
terstruktur pada materi Laju Reaksi di kelas XI MIA SMA Negeri 3 Palu. Jenis
penelitian ini adalah pre experimental (pra eksperimen) dengan menggunakan one
group pretest-posttest design. Populasi penelitian adalah kelas XI SMA Negeri 3
Palu. Sampel yang digunakan yaitu siswa kelas XI MIA 7 sebagai kelas
eksperimen 1 dengan jumlah siswa 30 dan siswa kelas XI MIA 8 sebagai kelas
eksperimen 2 dengan jumlah siswa 30. Hasil analisis data memperoleh nilai ratarata peningkatan pada kelas ekperimen 1 adalah 38,21 dan pada kelas eksperimen
2 adalah 46,43. Hasil analisis aktivitas guru dan siswa termasuk dalam kategori
sangat baik dengan persentase untuk kelas eksperimen 1 berturut-turut yaitu
95,4% dan 85,7%, dan untuk kelas eksperimen 2 berturut-turut 95,4% dan 86,7%.
Perhitungan uji N-Gain pada kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2
menunjukkan rata-rata dalam kategori sedang yaitu berturut-turut 0,63 dan 0,67.
Hasil pengujian hipotesis dengan statistik non parametrik uji Mann Whitney
memperoleh Zhitung < Zttabel (Zhitung = -0,26 dan Ztabel = 1,96) dengan taraf
signifikansi = 0,05 sehingga H0 diterima dan H1 ditolak, yaitu nilai rata-rata
keterampilan berpikir kritis siswa kelas eksperimen 1 sama dengan nilai rata-rata
keterampilan berpikir kritis siswa kelas eksperimen 2. Data-data yang diperoleh
menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri terstruktur dapat meningkatkan
keterampilan berpikir kritis siswa kelas XI MIA SMA Negeri 3 Palu.
Kata Kunci: Inkuri terstruktur, keterampilan berpikir kritis, laju reaksi.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia L Pendidikan > Pendidikan Kimia |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Kimia |
| Depositing User: | okky anugrah |
| Date Deposited: | 11 Nov 2025 04:10 |
| Last Modified: | 11 Nov 2025 04:10 |
| URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151173 |
| Baca Full Text: | Baca Sekarang |

