APRIANTI ARIESTA (2012) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) BERBANTUAN LKS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKn DI KELAS VIIIa SMPN 1 PEWUNU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan model kooperatif tipe NHT dalam pembelajaran PKn di kelas VIII SMPN 1 Pewunu, (2) Apakah penerapan model kooperatif tipe NHT berbantuan LKS dalam pembelajaran PKn dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VIIIa SMPN 1 Pewunu?. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model kooperatif tipe NHT berbantuan LKS dalam pembelajaran PKn untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VIIIa SMPN 1 Pewunu. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Rancangan penelitian mengikuti tahap penelitian yang mengacu pada modifikasi diagram Kemmis dan Mc Taggart, yaitu 1) Perencanaan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Materi yang dibahas tentang kedaualatan rakyat dalam system pemerintahan Indonesia, dengan melibatkan subyek penelitian sebanyak 24 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan pemberian tes hasil belajar tiap akhir tindakan. Teknik analisis data yang digunakan adalah data kuantitatif yang diperoleh dari hasil belajar siswa dan data kualiatif yang diperoleh dari hasil observasi kegiatan guru dan siswa selama pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar, dari siklus I ke siklus II. Peningkatan tersebut dibuktikan dengan hasil analisis tes hasil belajar siswa yang diperoleh pada siklus I, yakni siswa yang tuntas 15 dari 24 siswa atau persentase ketuntasan klasikal sebesar 62% dan daya serap klasikal 74%, serta aktivitas siswa dalam kategori baik. Pada siklus II diperoleh ketuntasan klasikal 100% dan dan daya serap klasikal sebesar 81,7%, serta aktivitas siswa berada dalam kategori sangat baik. Dengan demikian, berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan penerapan model kooperatif tipe NHT berbantuan LKS dalam pembelajaran PKn dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VIIIa SMPN 1 Pewunu.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan L Pendidikan > Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan |
| Depositing User: | Mr Ahmad Zuhri |
| Date Deposited: | 11 Nov 2025 04:34 |
| Last Modified: | 11 Nov 2025 04:34 |
| URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151181 |
| Baca Full Text: | Baca Sekarang |

