-, RISNA HIDAYAH SARWATI (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PEER GROUP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X SMA NEGERI 1 BARAS. Sarjana thesis, UNIVERSITAS TADULAKO.
Full text not available from this repository.Abstract
Risna Hidayah Sarwati, 2019. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe
Peer Group Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X
SMA Negeri 1 Baras. Skripsi, Program studi Pendidikan Sejarah, Jurusan
Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,
Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Suyuti dan Pembimbing (II) Mahfud
Permaslahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana penerapan Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe Peer Group Pada Mata Pelajaran Sejarah Di Kelas
X SMA NEGERI 1 Baras. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui apakah ada
penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Peer Group terhadap hasil
belajar siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Di Kelas X SMA NEGERI 1 Baras.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Hasil tes Pra tindakan yang diikuti 21 orang siswa memperoleh nilai
dnegan ketuntasa belajar klasikal 47,6% (Kurang) dan Daya serap individu
memperoleh nilai 67,85% (Cukup). Hasil Observasi aktivitas guru pada siklus I
pertemuan pertama memperoleh nilai persentase 72,91% (baik), pada pertemuan
keduan dipersentasekan 79,16 (Cukup) .Hasil observasi siswa pada siklus I
pertemuan pertama memperoleh nilai Persentase sebesar 68,75 % (cukup) dan
pertemuan kedua memperoleh nilai persentase sebesar 77,08% (Baik). Sementara
itu hasil tindakan siklus I memiliki ketuntasan belajar kalsikal 66,66% (cukup)
dan daya serap individu sebesar 79,88% (Baik). Hasil observasi guru pada siklus
II memperoleh nilai persentase sebesar 83,33% (sangat baik) dan pada pertemuan
kedua hasil observasi guru memperoleh nilai persentase sebesar 89,58% (sangat
baik). Hasil observasi siswa pada siklus II pertemuan pertama memperoleh nilai
sebesar 79,16% (baik) dan pertemuan kedua memperoleh nilai 91,66% (sangat
baik). Sementara itu, hasil tes akhir pada siklus II pertemuan pertama memperoleh
nilai ketuntasan belajar klasikal 85,71% (sangat baik) dan Daya serap individu
memperoleh nilai 83,45%(sangat baik). adanya hasil belajar yang menunjukkan
nila rat-rata 70 dan ketuntasan belajar kalsikal sudah mencapai nilai indikator
maksimal 70%. penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe Peer Group Pada Mata Pelajaran Sejarah Di Kelas
X SMA NEGERI 1 Baras dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Siswa, dan Model Pembelajaran
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah L Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
| Depositing User: | okky anugrah |
| Date Deposited: | 11 Nov 2025 04:30 |
| Last Modified: | 11 Nov 2025 04:30 |
| URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151184 |
| Baca Full Text: | Baca Sekarang |

