MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK MELALUI METODE DEMONSTRASI DI KELOMPOK B TK PGRI GUNTARANO KECAMATAN TANANTOVEA

-, VILDA (2017) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK MELALUI METODE DEMONSTRASI DI KELOMPOK B TK PGRI GUNTARANO KECAMATAN TANANTOVEA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS TADULAKO.

Full text not available from this repository.

Abstract

Vilda. (2017). Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Metode Demonstrasi di Kelompok B TK PGRI Guntarano Kecamatan Tanantovea. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing (I) I Putu Suwika, (II) Hj. Shofiyanti Nur Zuama.

Permasalahan dalam penelitian ini, yaitu kemampuan motorik kasar anak belum berkembang sesuai harapan. Untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak, maka dilakukan penelitian tindakan kelas dengan metode demonstrasi. Setting penelitian ini adalah anak kelompok B TK PGRI Guntarano Kecamatan Tanantovea, yang berjumlah 20 anak. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart. Data yang dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, dan pemberian tugas, selanjutnya diolah secara deskriptif. Data yang diperoleh pada pra tindakan, kemampuan motorik kasar saat berjalan jinjit, tidak ada anak dalam kategori Berkembang Sangat Baik (BSB), Berkembang Sesuai Harapan (BSH) 15%, Mulai Berkembang (MB) 40%, dan Belum Berkembang (BB) 45%. Kemampuan motorik kasar saat menangkap bola, tidak ada anak dalam kategori BSB, BSH 15%, MB 40%, dan BB 45%. Kemampuan motorik kasar saat meniru gerakan binatang, tidak ada anak dalam kategori BSB, BSH 10%, MB 30%, dan BB 60%. Setelah dilakukan tindakan dengan menggunakan metode demonstrasi, kemampuan motorik kasar anak berkembang dari siklus I ke siklus II, dari aspek berjalan jinjit kategori BSB, BSH, dan MB dari 80% menjadi 95%. Aspek menangkap bola kategori BSB, BSH, dan MB dari 80% menjadi 95%. Aspek terakhir meniru gerakan binatang kategori BSB, BSH, dan MB dari 80% menjadi 90%. Walaupun masih ada anak yang belum berhasil dengan kemampuan motorik kasarnya 6,66%. Dapat disimpulkan bahwa melalui metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak di Kelompok B TK PGRI Guntarano Kecamatan Tanantovea.

Kata Kunci : Metode Demonstrasi, Kemampuan Motorik Kasar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
L Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: ranny ranny
Date Deposited: 11 Nov 2025 04:39
Last Modified: 11 Nov 2025 04:39
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151187
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item