BAGIA, ROSDIANA (2012) STUDI TENTANG KONDISI SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DALAM HUBUNGANNYA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn DI SMPN 1 LORE TENGAH. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yaitu apakah ada hubungan antara kondisi sosial ekonomi orang tua dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn di SMPN 1 Lore Tengah. Adapun tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah ingin mengetahui hubungan antara kondisi sosial ekonomi orang tua dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn di SMPN 1 Lore Tengah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa dan orang tua siswa di SMPN 1 Lore Tengah tahun pelajaran 2011/2012 yang tersebar dalam lima kelas dengan jumlah 125 orang.Penentuan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dimana karena besarnya jumlah populasi dalam penelitian ini,maka ditetapkan siswa kelas IX SMPN 1 Lore Tengah beserta orang tua siswa kelas IX sebagai sampel.Hal ini didasari pertimbangan bahwa siswa dikelas IX tersebut telah memiliki data prestasi belajar selama lima semester. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari satu variabel bebas (kondisi sosial ekonomi orang tua) dan satu variabel terikat (Prestasi belajar siswa). Metode pengambilan data digunakan metode angket dan metode dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis uji statistik korelasi produk moment. Hasil penelitian menunjukan bahwa r hitung = 0,780. Dengan demikian,hubungan antara kondisi sosial ekonomi orang tua dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn di SMPN 1 Lore Tengah masuk dalam kategori kuat.Selanjutnya untuk taraf kesalahan 5% dan 1% untuk data 30 orang responden adalah 0,361 dan 0,463 atau 0,780> 0,463→1%,0,780> 0,361→5%.Dengan demikian,terdapat hubungan yang signifikan sebesar 0,780 antara kondisi sosial ekonomi orang tua dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn di SMPN 1Lore Tengah.Berdasarkan hal tersebut ,maka hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dapat diterima
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan L Pendidikan > Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan |
| Depositing User: | Mr Ahmad Zuhri |
| Date Deposited: | 11 Nov 2025 04:36 |
| Last Modified: | 11 Nov 2025 04:36 |
| URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151188 |
| Baca Full Text: | Baca Sekarang |

