-, GUNAWAN (2017) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERHEADSTOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS VII A SMP NEGERI 9 SIGI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS TADULAKO.
Full text not available from this repository.Abstract
Gunawan. 2017. Penerapan Model Kooperatif Tipe Number Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ips Terpadu Kelas VII A Smp Negeri 9 Sigi, Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing (I) Junarti, Pembimbing (II) Amiruddin.
Pemasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together (NHT). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan menacu pada desain PTK yang di kembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart dengan 4 tahapan (1) Perencanaan (2) Tindakan (3) Observasi dan (4) Refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII A yang berjumlah 23 orang dan fokus penelitian ini adalah aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dengan rincian siklus I dua kali tindakan dan siklus II dua kali tindakan. Analisis data deskriptif kualitatif. Instrumen penelitian yaitu lembar observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, lembar kerja peserta didik, dan lembar tes akhir tindakan siklus I dan II. Hasil penelitian menunjukan besarnya peningkatan hasil belajar siswa dengan perolehan Ketuntasan belajar klasikal siswa pada tes akhir tindakan siklus I adalah 65%, dan siklus II mencapai 86,96%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat ditarik kesimpulan, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together (NHT)dapat meningkatkan hasil bellajar siswa Pada Pembelajaran Ips Kelas VII A Smp Negeri 9 Sigi.
Kata kunci : Model pembelajaran Kooperatif tipe Number Heads Together (NHT); hasil belajar siswa, pembelajaran IPS Terpadu
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi L Pendidikan > Pendidikan Geografi |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Geografi |
| Depositing User: | ranny ranny |
| Date Deposited: | 11 Nov 2025 04:46 |
| Last Modified: | 11 Nov 2025 04:46 |
| URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151192 |
| Baca Full Text: | Baca Sekarang |

