MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FASILITATOR AND EXPLAINING KELAS IV SDN TATARI

-, FITA SARI DEWI (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FASILITATOR AND EXPLAINING KELAS IV SDN TATARI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS TADULAKO.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fita Sari Dewi.2019.Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS
Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Student Fasilitator and Explaining Di
Kelas IV SDN Tatari. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar,
Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas
Tadulako. Pembimbing I: Rizal.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata
pelajaran IPS Kelas IV SDN Tatari. Tujuan penelitian ini adalah untuk
meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN dengan menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe Student Fasilitator and Explaining. Jenis penelitian
ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Adapun
tahapan dalam penelitian ini meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan,
observasi dan refleksi. Pada tes awal siswa yang tuntas 3 orang dengan presentase
ketuntasan klasikal 25% dan daya serap klasikal 54,1 %. Pada siklus I siswa yang
tuntas 9 orang dengan presentase ketuntasan klasikal 75% dan daya serap klasikal
68,33%. Hasil observasi aktivitas siswa sebesar 60% dan hasil observasi aktivitas
guru sebesar 66%. Pada siklus II siswa yang tuntas meningkat menjadi 12 orang
siswa dengan presentase tuntas klasikal 100% dan daya serap klasikal 81,25%.
Hasil observasi aktivitas siswa meningkat menjadi 74% dan hasil observasi untuk
aktivitas guru meningkat menjadi 80%. Berdasarkan daya serap klasikal minimal
65% dan ketuntasan belajar klasikal minimal 80% pada kegiatan pembelajaran
siklus II, maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe Student Fasilitator and Explaining dapat
meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV di SDN Tatari.

Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Tipe Student Fasilitator and
Explaining

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
L Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: okky anugrah
Date Deposited: 11 Nov 2025 04:49
Last Modified: 11 Nov 2025 04:49
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151196
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item