UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER PADA MATAPELAJARAN IPS DI KELAS IV SDN INPRES 1 KAWATUNA

-, SITI ZAINAB (2019) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER PADA MATAPELAJARAN IPS DI KELAS IV SDN INPRES 1 KAWATUNA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS TADULAKO.

Full text not available from this repository.

Abstract

Siti Zainab, 2019. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Pada Mata Pelajaran IPS
Di Kelas IV SDN Inpres 1 Kawatuna. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan, Universitas Tadulako. Pemimbing : Arif Firmansyah
Kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal IPS masih rendah, hal
ini karena pada saat mata pelajaran berlangsung siswa masih merasa takut dan
malu bertanya tentang materi yang belum diketahui, ini dikarenakan pendekatan
yang diterapkan guru dalam kegiatan belajar mengajar (KBM) kurang kreatif dan
masih monoton. Salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat
mengaktifkan siswa adalah model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads
Together (NHT). Tujuan penelitian ini adalah Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Pada
Mata Pelajaran IPS Di Kelas IV SDN Inpres 1 Kawatuna. Penelitian ini
merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, masingmasing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan
refleksi. Subyek penelitian siswa kelas IV SDN Inpres 1 Kawatuna berjumlah 28
siswa, terdiri dari 14 laki-laki dan 14 perempuan. Hasil ketuntasan klasikal yang
dicapai pada tes hasil belajar siklus I sebesar 71,5% atau terdapat 20 siswa yang
tuntas dari 28 jumlah siswa. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I terdiri
dari dua kali pertemuan, pertemuan I diperoleh hasil sebesar 63,4% dan
pertemuan II mendapatkan hasil sebesar 71,7%, sedangkan hasil observasi
aktivitas guru pada siklus I juga terdiri dari dua kali pertemuan, pertemuan I
diperoleh hasil sebesar 64,5% dan pertemuan II diperoleh hasil sebesar 71,1%.
Pada persentase ketuntasan klasikal siklus I diatas menunjukkan belum mencapai
indikator keberhasilan belajar yaitu 80%. Sehingga dilanjutkan penelitian pada
tahap selanjutnya yaitu siklus II. Hasil yang diperoleh pada siklus II lebih baik
dari pada hasil siklus I, dimana ketuntasan belajar klasikal mencapai 92,9% atau
terdapat 26 siswa yang tuntas dari 28 siswa. Hasil observasi aktivitas siswa pada
siklus II yaitu pada pertemuan I diperoleh sebesar 86,7% dan pertemuan II
diperoleh sebesar 96,7%, sedangkan hasil observasi aktivitas guru siklus II yaitu
pertemuan I diperoleh sebesar 82,9% dan pertemuan II diperoleh sebesar 90,8%.
Berdasarkan analisis hasil belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran
kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) mengalami peningkatan dengan
ketuntasan klasikal 92,9% dan rata-rata hasil belajar adalah 77,4.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered
Head Together (NHT), Mata Pelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
L Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: okky anugrah
Date Deposited: 11 Nov 2025 04:53
Last Modified: 11 Nov 2025 04:53
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151198
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item