MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) PADA MATA PELAJARAN SBK MATERI SENI RUPA DI KELAS IV SD INPRES KALUKUBULA

-, INE FEBRIYANTI (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) PADA MATA PELAJARAN SBK MATERI SENI RUPA DI KELAS IV SD INPRES KALUKUBULA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS TADULAKO.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ine Febrianti, 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Model
Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) pada Mata Pelajaran SBK
Materi Seni Rupa di Kelas IV SD Inpres Kalukubula. Skripsi, Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Yun Ratna Lagandesa.
Tujuan peneliti dalam penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar
Siswa melalui Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) pada
Mata Pelajaran SBK Materi Seni Rupa di Kelas IV SD Inpres Kalukubula Tahun
Pelajaran 2017/ 2018. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang
berbentuk siklus. tiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu (1) perencanaan
tindakan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Adapun lokasi
penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SD Inpres Kalukubula di kelas IV yang
berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah: 1)
Pemberian tes, 2) Pengamatan (Observasi), 3) Wawancara, 4) Dokumentasi.
Pembelajaran SBK dengan contexstual teaching learning (CTL) pada siswa kelas
IV SDN Tirtoadi yang dilaksanakan dengan II siklus dapat ditemukan hasil sebagai
berikut. Ada peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD Inpres Kalukubula pada
siklus I dan II. Sebelum tindakan rata-rata nilainya 69,4, pada siklus I terjadi
peningkatan rata-rata, menjadi 6,78. Dan setelah dilakukan siklus II meningkat
menjadi 79,2 dengan presentase Ketuntasan Klasikal Siklus I sebesar 72 dan
Presentase Ketuntasan Klasikal Siklus II sebesar 84.
Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran CTL, Mata Pelajaran SBK
Materi Seni Rupa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
L Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: okky anugrah
Date Deposited: 11 Nov 2025 04:58
Last Modified: 11 Nov 2025 04:58
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151204
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item