PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN METODE PEER INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATERI LAJU REAKSI DI SMAN 1 WITA PONDA

-, IRMAWATI MAHLID (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN METODE PEER INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATERI LAJU REAKSI DI SMAN 1 WITA PONDA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS TADULAKO.

Full text not available from this repository.

Abstract

Irmawati M. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing
dengan Metode Peer Instruction terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada
Materi Laju Reaksi di SMAN 1 Wita Ponda. Skripsi. Program Studi Pendidikan
Kimia, Jurusan Pendidikan MIPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidkan,
Universitas Tadulako. Pembimbing: (I) Sri Mulyani Sabang (II) Paulus Hengky
Abram.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model
pembelajaran inkuiri terbimbing dengan metode peer instruction terhadap hasil
belajar siswa kelas XI pada materi laju reaksi di SMAN 1 Wita Ponda. Jenis
penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan posttest only control groups design.
Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling dengan sampel
penelitian adalah kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen (n=28) dan kelas XI
MIPA 2 sebagai kelas kontrol (n=28). Data analisis hasil belajar siswa diperoleh
nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 68,36 sedangkan pada kelas kontrol
sebesar 52,32. Hasil penilaian proses keterlaksanaan pembelajaran diperoleh
aktivitas siswa pada kelas eksperimen berada dalam kategori sangat aktif
sedangkan pada kelas kontrol berada dalam kategori aktif. Hasil penilaian
aktivitas guru di kelas eksperimen dan kelas kontrol berada dalam kategori sangat
baik. Pengujian data hasil belajar siswa menggunakan analisis statistik non
parametrik yaitu uji Mann-Whitney, diperoleh nilai Zhitung > Ztabel yaitu 4,38 >
1,96. Berada pada penerimaan H1, dimana rata-rata skor hasil belajar siswa kelas
eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa
model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan metode peer instruction
berpengaruh lebih baik daripada model pembelajran inkuiri terbimbing terhadap
hasil belajar siswa kelas XI pada materi laju reaksi di SMAN 1 Wita Ponda.
Kata Kunci: Inkuiri terbimbing, peer instruction, hasil belajar, laju reaksi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
L Pendidikan > Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: okky anugrah
Date Deposited: 11 Nov 2025 05:03
Last Modified: 11 Nov 2025 05:03
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151208
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item