PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT KELAS VII B SMP NEGERI 12 PALU

-, LUKY YORDAN FERNANDO PUTRA (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT KELAS VII B SMP NEGERI 12 PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Luky Yordan Fernando Putra, 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif
Tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
pada Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat Kelas VII B SMP Negeri 12 Palu.
Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika
dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,
Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Sukayasa dan Pembimbing (II) Muh.
Hasbi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) yang dapat
meningkatkan hasil belajar siswa pada materi operasi hitung bilangan bulat kelas
VII B SMP Negeri 12 Palu. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang
mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart, yakni perencanaa,
tindakan, observasi dan refleksi. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini
berupa data hasil aktivitas guru dan siswa selama pelaksanaan pembelajaran
dengan menggunakan lembar observasi, data hasil wawancara dengan beberapa
siswa yang dijadikan sebagai informan, data hasil catatan lapangan dan data hasil
tes akhir tindakan. Penelitian dikatakan berhasil jika aktivitas guru ketika mengelola
pembelajaran dan aktivitas siswa ketika mengikuti pembelajaran berada pada kategori
baik atau sangat baik, hasil belajar siswa pada tes akhir tindakan telah memenuhi
indikator keberhasilan pada siklus I dan siklus II, memenuhi KKM yang ditetapkan di
SMP Negeri 12 Palu yaitu lebih dari atau sama dengan 75, dan persentase ketuntasan
klasikal mencapai lebih dari atau sama dengan 75%. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together
(NHT) yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi operasi hitung
bilangan bulat kelas VII B SMP Negeri 12 Palu yaitu dengan mengikuti fase-fase
sebagai berikut: (1) fase penyampaian tujuan dan pemotivasian siswa. (2) fase
penyajian informasi. (3) fase pengorganisasian kelompok belajar dan penomoran.
(4) fase pengajuan pertanyaan/permasalahan. (5) fase berpikir bersama. (6) fase
pemberian jawaban. dan (7) fase pemberian penghargaan
Kata Kunci : Numbered Heads Together; Hasil Belajar; Operasi Hitung Bilangan Bulat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
L Pendidikan > Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Bayu Anggara Permana
Date Deposited: 11 Nov 2025 05:07
Last Modified: 11 Nov 2025 05:07
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151209
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item