-, JATI PURNOMO (2018) PENGEMBANGANPERANGKATPEMBELAJARAN GEOGRAFI BERBASIS MASALAH PADA SISWA KELAS XI IPS 1 DI SMAS BALA KESELAMATAN KALAWARA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS TADULAKO.
Full text not available from this repository.Abstract
Jati Purnomo, 2018. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Geografi Berbasis
Masalah pada Siswa Kelas XI SMAS Bala Keselamatan Kalawara. Skripsi,
Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan
Sosial Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako.
Pembimbing (1): Amiruddin dan Pembimbing (II) Rahmawati.
Penelitian ini bertujuan untuk menekankan pada tingkat kevalidan,
kepraktisan, dan keefektifan perangkat sehingga diharapkan meningkatkan
pengetahuan, motivasi belajar dan hasil belajara peserta didik. Penelitian ini
merupakan penelitian pengembangan, yakni mengembangkan perangkat
pembelajaran geografi berbasis masalah. Pengembangan perangkat pembelajaran
dalam penelitian ini mengacu pada pengembangan model Thiagarajan yang
meliputi 4 tahap pengembangan 1) Pendefinisian, 2) Perancangan, 3)
Pengembangan, dan 4) Penyebaran. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas XI
IPS 1 SMAS BK Kalawara semester genap Tahun Ajaran 2017/2018 yang
dipilih secara purposive sampling. Analisis data pengembangan perangkat
pembelajaran geografi berbasis masalah digunakan teknik analisis statistik
deskriptif. Hasil penelitian dari segi kualitas kevalidan perangkat pembelajaran
memenuhi kriteria valid berdasarkan skor rata-rata RPP 3,13 dari kategori
“Valid” (2,5 M ), buku siswa juga valid berdasarkan skor rata-rata 3,13
dari kategori “Valid” (2,5 M ), dan LKPD valid berdasarkan skor ratarata 3,13 dari kategori “Valid” (2,5 M ). Kualitas kepraktisan perangkat
pembelajaran memenuhi kriteria praktis berdasarkan skor rata-rata
keterlaksanaan pembelajaran 1.8 dari kategori keterlaksanaan (1,5 M 2,0).
Kualitas kefektifan perangkat pembelajaran memenuhi kualitas efektif
berdasarkan rerata total tkg (3,6) dari kriteria tingkat kemampuan guru (3,00
tkg 4,00 ), aktivitas siswa dalam pembelajaran rata-rata waktu yang
digunakan siswa memenuhi waktu ideal, respon siswa terhadap buku siswa dan
LKPD dikatakan sangat posotif karena termasuk dalam kategori (3,5 RS
4,0), dan tingkat pencapaian hasil belajar peserta didik dapat dilihat dengan
tuntasnya seluruh siswa didalam kelas XI IPS yang berjumlah 15 siswa,
Sehingga perangkat pembelajaran berbasis masalah pada pembelajaran geografi
telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.
Kata kunci: Perangkat pembelajaran dan Pembelajaran Berbasis Masalah.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi L Pendidikan > Pendidikan Geografi |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Geografi |
| Depositing User: | okky anugrah |
| Date Deposited: | 11 Nov 2025 05:05 |
| Last Modified: | 11 Nov 2025 05:05 |
| URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151210 |
| Baca Full Text: | Baca Sekarang |

