-, BURHANUDIN (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI METODE INKUIRI DI KELAS V SD BALA KESELAMATAN KAMARORA. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Burhanudin (2019).Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS
Melalui Metode Inkuiri Di Kelas V SD Bala Keselamatan Kamarora. Skripsi
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Rizal.
Permasalahan dari penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa Kelas V SD
Bala Keselamatan Kamarora pada mata pelajaran IPS, oleh karenanya penelitian
ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS
melalui metode Inkuiri di Kelas V SD Bala Keselamatan Kamarora. Jenis
penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara bersiklus.
Berdasarkan hasil observasi aktivitas siswa dan guru serta analisis hasil belajar
siswa dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui metode Inkuiri dapat
meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Kelas Kelas V SD Bala
Keselamatan Kamarora. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan hasil belajar
siswa dari siklus I Hasil belajar siswa pada siklus I dengan ketuntasan belajar
klasikal 63% dan daya serap klasikal 64,21% dan hasil belajar siswa pada siklus
II mengalami peningkatan dengan ketuntasan klasikal mencapai 100% dan daya
serap klasikal mencapai 88,42%.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Metode Inkuiri, IPS
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar L Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Megawati - |
| Date Deposited: | 11 Nov 2025 05:23 |
| Last Modified: | 11 Nov 2025 05:23 |
| URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151223 |
| Baca Full Text: | Baca Sekarang |

