-, Wardiansyah (2012) KEMAMPUAN MENGUNGKAPKAN INFORMASI DALAM BENTUK PARAGRAF ARGUMENTATIF SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH ALKHAIRAAT TOMINI KECAMATAN TOMINI KABUPATEN PARIGI MOUTONG. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Wardiansyah, 2012. Kemampuan Mengungkapkan Informasi dalam Bentuk Paragraf
Argumentatif Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Alkhairaat Tomini. Skripsi,
Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, Jurusan
Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,
Universitas Tadulako. Pembimbing I Drs. Pratama Bayu Santosa, M.Si,
Pembimbing II Ida Nur’aeni, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci : Informasi, Paragraf, Argumentatif
Permasalahan pokok penelitian ini adalah bagaimana kemampuan siswa
kelas X Madrasah Aliyah Alkhairaat Tomini dalam mengungkapkan informasi ke
dalam bentuk paragraf argumentatif. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi
kemampuan siswa dalam memahami materi tentang paragraf argumentatif yakni
faktor siswa, faktor guru, dan faktor sekolah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui
tingkat kemampuan siswa kelas X Madrasah Aliyah Alkhairaat Tomini dalam
mengungkapkan informasi ke dalam bentuk paragraf argumentatif. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yaitu metode yang berusaha
menyajikan, memperlihatkan dan menggambarkan apa adanya tentang data yang ada
di lapangan. Sumber data adalah siswa dan guru. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah observasi, wawancara dan evaluasi. Teknik pengolahan data
dilakukan secara statistik dengan menentukan nilai rata-rata siswa. Berdasarkan
penelitian yang telah dilakukan mulai dari kegiatan observasi terhadap siswa dan
guru dalam proses pembelajaran, siswa mengikuti pelajaran dengan baik sehingga
guru dapat memberikan materi pembelajaran dengan mudah, dan siswa dapat
memahami materi yang diajarkan. Dengan demikian, berdasarkan evaluasi terhadap
materi yang diberikan, maka hasil akhir penelitian ini menunjukkan bahwa siswa
kelas X Madrasah Aliyah Alkhairaat Tomini mampu mengungkapkan informasi ke
dalam bentuk paragraf argumentatif. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai ratarata siswa 64,375. Hasil yang diperoleh siswa tersebut berdasarkan KKM KTSP yang
sudah ditetapkan, dinyatakan cukup dan tuntas.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia L Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
| Depositing User: | Bayu Anggara Permana |
| Date Deposited: | 11 Nov 2025 05:46 |
| Last Modified: | 11 Nov 2025 05:46 |
| URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151232 |
| Baca Full Text: | Baca Sekarang |

