PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR DI KELAS VII A SMP KRISTEN BALA KESELAMATAN PALU

-, RISKA YUNITA LIA (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR DI KELAS VII A SMP KRISTEN BALA KESELAMATAN PALU. Sarjana thesis, Untad.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi operasi hitung
bentuk aljabar di kelas VII A SMP Kristen Bala Keselamatan Palu. Penelitian adalah
penelitian tindakan kelas (PTK), mengunakan desain penelitian oleh Kemmis dan Mc.
Teggart yang terdiri atas: 1) perencanaan tindakan, 2) pelaksanaan tindakan, 3)
pengamatan tindakan, dan 4) refleksi tindakan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus.
Hasil penelitian menunjukkan pada tes akhir siklus I terdapat 17 siswa yang tuntas dan
11 siswa yang tidak tuntas dengan persentase ketuntasan klasikal yang dicapai sebesar
60,71%. Sedangkan pada siklus II terdapat 22 siswa yang tuntas dan 6 siswa yang tidak
tuntas dengan persentase ketuntasan klasikal yang dicapai sebesar 78,57%. Aktivitas
guru dalam mengelola pembelajaran dan aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran
mengalami peningkatan dan indikator keberhasilan tindakan telah tercapai dimana pada
siklus I aktivitas guru dan aktivitas siswa berada pada kategori baik serta pada siklus II
aktivitas guru dan aktivitas siswa berada pada kategori sangat baik. Sehingga dapat
ditarik kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat
meningkatkan hasil belajar siswa pada materi operasi hitung bentuk aljabar di kelas VII
A SMP Kristen Bala Keselamatan Palu, dengan mengikuti fase-fase model pembelajaran
kooperatif tipe STAD, yakni: (1) menyampaikan tujuan pembelajaran dan memotivasi
siswa, (2) menyajikan materi operasi hitung bentuk aljabar, (3) mengorganisasikan siswa
ke dalam kelompok belajar, (4) membimbing siswa dalam menyelesaikan LKS, (5)
memberikan tes, dan (6) memberikan penghargaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
L Pendidikan > Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Anti Anti
Date Deposited: 11 Nov 2025 06:20
Last Modified: 11 Nov 2025 06:20
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151237
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item