-, BASRI LABUNU (2013) PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP LUAS DAERAH BANGUN DATAR DI KELAS V SDN GUSUMOTAHA KECAMATAN BUNGKU SELATAN KABUPATEN MOROWALI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS TADULAKO.
Full text not available from this repository.Abstract
Basri Labunu, 2012. Penerapan Pendekatan Pembelajaran Konstruktivisme untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Luas Daerah Bangun Datar di Kelas V Sekolah Dasar Negeri Gusumotaha Kecamatan Bungku Selatan Kabupaten Morowali. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Gandung Sugita dan Pembimbing (2) Anggraini.
Kata Kunci: Pendekatan Konstruktivis, Hasil Belajar Siswa, Konsep Luas Daerah Bangun Datar.
Rendahnya hasil belajar siswa pada konsep luas daerah bangun datar kelas V Sekolah Dasar Negeri Gusumotaha karena guru cenderung mengajar dengan metode ceramah sehingga siswa hanya menghafal materi. Selain itu, komunikasi satu arah dari guru kepada siswa mengakibatkan siswa kurang aktif dalam pembelajaran dan tidak punya inisiatif untuk mengemukakan ide atau pendapat selama proses belajar mengajar berlangsung. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam siklus berulang. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus dengan materi yang sama pada siklus I maupun siklus II. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Gusumotaha yang berjumlah 30 orang yang terdiri dari 21 perempuan dan 19 laki-laki. Berdasarkan hasil tes siklus Proses pelaksanaan pendekatan pembelajaran konstruktivis sudah cukup baik, hal ini terlihat dengan semangat belajar siswa sangat tinggi karena siswa sudah dapat mengkonstruksi dengan baik dan mempresentasekan hasil kerjanya dengan sangat baik. Persentase ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan pada siklus II, dari 76,67% siswa memperoleh nilai ≥ 65 atau sebanyak 23 orang siswa pada siklus I, menjadi 83,33% siswa memperoleh nilai ≥ 65 atau sebanyak 25 orang siswa. Berdasarkan keberhasilan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep luas daerah bangun datar di kelas V SD Negeri Gusumotaha Kecamatan Bungku Selatan Kabupaten Morowali.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini L Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
| Depositing User: | ranny ranny |
| Date Deposited: | 11 Nov 2025 06:30 |
| Last Modified: | 11 Nov 2025 06:30 |
| URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151238 |
| Baca Full Text: | Baca Sekarang |

