-, I WAYAN DARSANA (2012) PENERAPAN PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT DALAM PEMBELAJARAN SAINS MELALUI MEDIA LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 RIO MUKTI KABUPATEN DONGGALA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS TADULAKO.
Full text not available from this repository.Abstract
I Wayan Darsana, 2012. Penerapan Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat Dalam Pembelajaran Sains Melalui Media Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Rio Mukti Kabupaten Donggala. Skripsi, program sarjana S1 Pendidikan Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Bustamin (2) Muslimin
Kata Kunci: Model Pembelajaran Sains Teknologi dan Masyarakat (STM), Hasil Belajar.
Pembelajaran STM terdiri dari beberapa tahap, yakni : (1). Pendahuluan/inisiasi. (2). Pembentukan/pengembangan konsep. (3). Aplikasi konsep dalam kehidupan sehari-hari. (4). Pemantapan konsep. (5). Penilaian. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar fisika pada siswa kelas V SD Negeri 1 Rio Mukti dengan menggunakan model pembelajaran STM yang berjumlah 18 orang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, materi untuk siklus I yaitu besaran-Air dan kegunaannya serta Daur Air dan untuk siklus II yaitu aktivita manusia yang dapat mempengaruhi daur air dan penghematan air. Hasil penelitian pada siklus I didapatkan minat belajar siswa 49,60%, ketuntasan klasikal sebesar 66,67% dan daya serap klasikal 69,02% , aktivitas guru berada pada kategori baik yaitu dengan rata-rata persentase aktivitas guru yaitu 84,38% dan aktivitas siswa berada pada kategori baik yaitu dengan rata-rata persentase aktivitas siswa yaitu 75%. Pada siklus II persetase minat siswa sebesar 63,49%, ketuntasan belajar klasikal sebesar 88,89% dan daya serap klasikal sebesar 81,96%, aktivitas guru berada pada kategori sangat baik yaitu dengan rata-rata persentase aktivitas guru yaitu 97,92% dan aktivitas siswa berada pada kategori sangat baik yaitu dengan rata-rata persentase aktivitas siswa yaitu 89,42%. Berdasarkan indikator penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa Penggunaan model pembelajaran STM dapat meningkatkan hasil belajar fisika Kelas V SD Negeri 1 Rio Mukti
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar L Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | ranny ranny |
| Date Deposited: | 11 Nov 2025 06:35 |
| Last Modified: | 11 Nov 2025 06:35 |
| URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151241 |
| Baca Full Text: | Baca Sekarang |

