MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DI KELAS V SD INPRES 3 TONDO

-, SITI AYU MARFU’AH DARISE (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DI KELAS V SD INPRES 3 TONDO. Sarjana thesis, UNIVERSITAS TADULAKO.

Full text not available from this repository.

Abstract

Siti Ayu Marfu’ah Darise. 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata
Pelajaran PKn Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di Kelas V
SD Inpres 3 Tondo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar,
Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas
Tadulako, Pembimbing Arif Firmansyah.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui
model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Model pembelajaran ini terdiri dari 6
fase yaitu: 1) menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa, 2) pembagian
kelompok, 3) presentasi dari guru, 4) kegiatan belajar tim, 5) evaluasi, dan 6)
memberikan penghargaan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas
yang dilakukan sebanyak dua siklus, yang setiap siklusnya terdiri dari dua kali
pertemuan. Kriteria ketuntasan minimal pada penelitian ini yaitu 75, dan
ketuntasan belajar klsikal sebesar 80%. Tindakan aktivitas guru (peneliti) dan
siswa dikatakan berhasil apabila berada pada kategori baik. Hasil penelitian Siklus
I dengan materi organisasi diperoleh ketuntasan belajar klasikal yaitu 62,5%
dengan daya serap klasikal 72,81%. Hasil observasi aktivitas guru (peneliti) dalam
kategori cukup dengan persentase 76% dan hasil observasi aktivitas siswa dalam
kategori cukup dengan persentase 50%. Hasil Siklus II dengan materi menaati dan
menghargai keputusan bersama diperoleh ketuntasan belajar klasikal yaitu
81,25% dengan daya serap klasikal 81,18%. Hasil observasi aktivitas guru
(peneliti) dalam kategori sangat baik dengan persentase 97,33% dan aktivitas
siswa dalam kategori sangat baik dengan persentase 50%. Sehingga dapat
disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat
meningkatkan hasil belajar mata pelajaran PKn siswa di kelas V SD Inpres 3
Tondo.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif , Tipe STAD, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
L Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: okky anugrah
Date Deposited: 11 Nov 2025 07:16
Last Modified: 11 Nov 2025 07:16
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151252
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item