-, NURFADILLAH (2019) STRATEGI KOMUNIKASI LEMBAGA AMIL ZAKAT NASIONAL INISIATIF ZAKAT INDONESIA (IZI) PERWAKILAN SULAWESI TENGAH DALAM MENGOPTIMALKAN PENGUMPULAN ZAKAT. Sarjana thesis, UNTAD.
Full text not available from this repository.Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi Lembaga
Amil Zakat Nasional Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) perwakilan Sulawesi Tengah
dalam mengoptimalkan pengumpulan zakat.
Penelitian ini merupakan metode penelitian studi kasus (case study). Metode
penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data
dilakukan melalui kegiatan observasi dan wawancara mendalam. Informan dalam
penelitian ini berjumlah 5 (lima) yakni kepala perwakilan IZI Sulteng, Kordinator
Keuangan, Kordinator Bidang Edukasi dan Kemitraan Zakat (EKZ) dan 2 (dua)
orang staff bidang EKZ. Lokasi penelitian berada di Jl. Tanjung Dako Kelurahan
Tatura Utara Kecamatan Palu Selatan. Teknik analisis data dalam penelitian ini
terdiri atas 3 tahapan yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data
display) dan verifikasi (verification).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang digunakan IZI
Sulteng dalam mengoptimalkan pengumpulan zakat ialah melalui program�program bidang edukasi dan kemitraan zakat seperti konsultan zakat, gerai zakat
dan phoneselling. Perumusan Strategi komunikasi IZI Sulteng dalam melakukan
penghimpunan zakat diwilayah Sulawesi Tengah dilakukan dengan menggunakan
empat (4) komponen yakni, mengenali sasaran komunikasi yang terbagi atas
faktor kerangka referensi serta faktor situasi dan kondisi dengan itu diketahui
bahwa sasaran komunikasi IZI Sulteng adalah Masyarakat umum, Non PNS,
Perusahaan Swasta dan komunitas-komunitas yang cara penyampaian pesannya
sesuai dengan kerangka referensi dan situasi dan kondisi dari masing-masing
sasaran komunikasi. Adapun media yang digunakan IZI Sulteng untuk
mensosialisasikan pesan-pesan zakat yaitu media cetak dan media sosial.
Kemudian pesan yang disampaikan IZI pada saat melakukan sosialiasi ialah fiqih
zakat yang materinya dibuat langsung oleh dewan syariah IZI pusat. Selanjutnya
untuk keberhasilan komunikasi yang dilancarkan, IZI Sulteng pada saat menunjuk
siapa yang akan menjadi komunikatornya saat sosialisasi mempertimbangkan dua
(2) faktor, yang pertama daya tarik sumber yakni komunikasi yang baik, percaya
diri, energik, ramah, antusias dan yang kedua adalah kredibilitas sumber yaitu
memperhatikan tingkat intelektual dan memahami dengan betul fiqih zakat
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | Tadulako University - Divisions > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi H Ilmu Sosial > Ilmu Komunikasi |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi Library of Congress Subject Areas > H Ilmu Sosial > Ilmu Komunikasi |
| Depositing User: | Ika Selfia |
| Date Deposited: | 11 Nov 2025 07:20 |
| Last Modified: | 11 Nov 2025 07:20 |
| URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151254 |
| Baca Full Text: | Baca Sekarang |

