ENERAPAN MODEL SCRAMBLE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD INPRES 1 TANAMODINDI

-, TAUFIK KURAHMAN (2019) ENERAPAN MODEL SCRAMBLE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD INPRES 1 TANAMODINDI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS TADULAKO.

Full text not available from this repository.

Abstract

Taufik Kurahman, 2019. Penerapan Model Scramble dalam Meningkatkan Hasil
Belajar Siswa Pada mata pelajaran IPS Di Kelas IV SD Inpres 1 Tanamodindi,
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP,
Universitas Tadulako. Pembimbing Bapak Huber Yaspin Tandi. M.Pd
Permasalahan penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar yang dimiliki
siswa Kelas IV di SD Inpres 1 Tanamodindi pada mata pelajaran IPS. Penelitian
ini bertujuan untuk membuktikan bahwa penggunaan model Scramble dapat
meningkatkan hasil belajar IPS. Subjek penelitian bejumah 27 orang siswa terdiri
atas 8 orang siswa perempuan dan 19 orang siswa laki-laki. Penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat siklus, yaitu tahap perencanaan,
pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada
tindakan siklus I diperoleh presentase DSK siswa sebesar 66.29% serta presentase
KBK sebesar 70,37%. Sedangkan pada siklus II diperoleh presentase DSK siswa
sebesar 73,38%, serta presentase KBK sebesar 92,59%. Berdasarkan presentase
ketuntasan hasil belajar siswa siklus I dan siklus II, maka telah terjadi peningkatan
yaitu pada DSK terjadi peningkatan sebesar 7,09%, sedangkan KBK mengalami
peningkatan sebesar 22,22%. Rata-rata aktifitas kegitan guru dan siswa dalam
penelitian aktifitas siswa pada sisklus I pertemuan I 84,37% pertemuan II 89,06%,
aktivitas guru pertemuan I 84,37% pertemuan II 90,62% meningkat pada siklus II
aktevitas siswa pertemuan I 93,75% dan pertemuan II 95,31% kategori sangat
baik, dan aktivitas guru pertemuan I 92,18% dan pertemuan II 96,87% kategori
sangat baik. Dengan demikian dapat dismipulkan bahwa pembelajaran dengan
menerapkan model Scramble dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata
pelajaran IPS di kelas IV SDInpres 1 Tanamodindi.
Kata Kunci : Model Scramble, Hasil belajar, Mata Pelajaran IPS

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
L Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: okky anugrah
Date Deposited: 12 Nov 2025 00:27
Last Modified: 12 Nov 2025 00:27
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151272
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item