SULHA BAGINDA (2011) KEMAMPUAN ANALISIS GURU PKn DALAM MENYUSUN SOAL TES SUMATIF DI SMP NEGERI 14 PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 14 Palu dengan subjek penelitian Guru PKn berjumlah 3 orang dan Kepala Sekolah. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana tingkat kemampuan analisis guru PKn dalam menyusun soal tes sumatif dalam bentuk Essay Tes dan Multiple Choise di SMP Negeri 14 Palu. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan deskritif kualitatif karena dalam penelitian bertujuan mengungkapkan gejala keseluruhan (holistic- kontekstual). Jenis penelitian yaitu studi kasus karena subjek yang diteliti dari suatu kesatuan (unit) itu untuk memperoleh informasi yang lebih mendalam. Penarikan sampel dilakukan secara total sampling karena memilih dari jumlah populasi yang dianggap dapat memberikan informasi yang relevan dan valid dengan objek penelitian. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru PKn di SMP Negeri 14 Palu yang berjumlah 3 orang, dan kepala sekolah. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, serta dokumentasi. Analisis data wawancara dilakukan melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian terhadap ketiga guru PKn menunjukan bahwa kemampuan analisis guru PKn dalam menyusun soal tes sumatif dalam bentuk Essay Tes dan Multiple Choise pada mata pelajaran PKn masih kurang maksimal dimana masih ada guru yang mengalami kendala serta kelemahan, adapun kendala kurangnya sumber belajar yaitu buku paket pada mata pelajaran PKn dan sumber-sumber yang relevan sebagai penunjang guru dalam penyusunan soal sedangkan kelemahan, dimana ada guru yang masih memiliki kelemahan yaitu kurangnya pemahaman guru tentang langkah-langkah penyusunan soal yang baik yang sesuai dengan kaidah penyusunan soal seperti dalam merumuskan standar kompetensi lulusan, standar kompetensi, kompetensi dasar, materi ajar, indikator, bahan kelas, alokasi waktu, bobot soal dan penilaian.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan L Pendidikan > Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan |
| Depositing User: | Mr Ahmad Zuhri |
| Date Deposited: | 12 Nov 2025 00:50 |
| Last Modified: | 12 Nov 2025 00:50 |
| URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151276 |
| Baca Full Text: | Baca Sekarang |

