PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MENGGUNAKAN PERMAINAN WORDSQUARE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 19 PALU

-, SITI ARBAIYA (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MENGGUNAKAN PERMAINAN WORDSQUARE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 19 PALU. Sarjana thesis, UNIVERSITAS TADULAKO.

Full text not available from this repository.

Abstract

Siti Arbaiya, 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Menggunakan Permainan Wordsquare terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 19 Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Pendidikan MIPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Amiruddin Kade, Pembimbing (II) Muhammad Ali
Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif, Permainan Wordsquare, Hasil Belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif menggunakan Permainan wordsquare terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 19 Palu. Jenis penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimental design yang diterapkan pada dua kelas eksperimen khususnya pada kelas VII dengan desain penelitian berupa “ The Non-Equivalen Pretest-Posstest design” yaitu memilih kelas yang sama kondisinya. Pada pembelajaran kooperatif menggunakan permainan wordsquare diperoleh nilai rata-rata Posstest sebesar 14,5dan standar deviasi sebesar 1,97. Sedangkan pada pembelajaran konvensional rata-rata posstest sebesar 9,72 dan standar deviasi sebesar 2,07. Hasil pengujian hipotesis statistik uji rata-rata (uji-t) yaitu thitung = 11,95 dan harga ttabel adalah 1,68 dengan jumlah sampel 36 siswa siswa pada taraf nyata ɑ = 0,05. Hal ini menunjukan bahwa harga thitung > harga ttabel, sehingga nilai thitung berada diluar daerah penerimaan H0. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif menggunakan Permainan wordsquare terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 19 Palu.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
L Pendidikan > Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ranny ranny
Date Deposited: 12 Nov 2025 01:28
Last Modified: 12 Nov 2025 01:28
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151296
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item