-, FIRMAN FIRDAUS BOLI (2019) IMPLEMENTING GENRE-BASED APPROACH TO INCREASE THE STUDENTS’ ABILITY IN WRITING REPORT TEXT OF THE ELEVENTH GRADE STUDENTS AT SMA NEGERI 3 PALU. Sarjana thesis, UNIVERSITAS TADULAKO.
Full text not available from this repository.Abstract
FIRMAN FIRDAUS BOLI (A 121 15 012). Penerapan Pendekatan Berbasis
Genre Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Teks Report Pada
Kelas Sebelas Di SMA Negeri 3 Palu. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,
Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris,
dibawah bimbingan Jamiluddin dan Budi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan apakah penerapan pendekatan
berbasis genre dapat efektif atau tidak untuk meningkatkan kemampuan siswa
menulis teks report pada kelas sebelas di SMA Negeri 3 Palu. Penelitian ini
menerapkan desain penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah
semua siswa kelas XI SMA Negeri 3 Palu yang berjumlah 402 siswa. Sampel
dipilih dengan teknik sampel purposive dimana XI MIA 5 yang terdiri dari 29
siswa sebagai kelompok eksperimen dan XI MIA 7 yang terdiri dari 32 siswa
sebagai kelompok kontrol. Instrumen penelitian ini adalah tes, yang terdiri dari
pra tes dan pasca test yang diberikan kepada kedua kelompok sebagai eksperimen
dan kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan berbasis genre
memberikan peningkatan yang signifikan terhadap kemampuan menulis siswa
dalam teks report. Hal itu dibuktikan dengan hasil analisis data yang
menunjukkan skor rata-rata pasca test pada kelompok eksperimen adalah (71,64)
dan kelompok kontrol adalah (58,67). Nilai t-hitung adalah (5,17) dan nilai ttable adalah (2,001). Nilai t-hitung lebih tinggi dari nilai t-tabel. Itu berarti
bahwa penerapan Pendekatan Berbasis Genre efektif untuk meningkatkan
kemampua siswa menulis teks report.
Kata kunci: menulis, meningkatkan, pembelajaran berbasis teks, siswa
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris L Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
| Depositing User: | okky anugrah |
| Date Deposited: | 12 Nov 2025 01:30 |
| Last Modified: | 12 Nov 2025 01:30 |
| URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151298 |
| Baca Full Text: | Baca Sekarang |

