PENGGUNAAN ALAT PERAGA DALAM MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 3 PALU PADA MATERI PENYAJIAN DATA

-, HAMSIAR HAMSAH (2019) PENGGUNAAN ALAT PERAGA DALAM MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 3 PALU PADA MATERI PENYAJIAN DATA. Sarjana thesis, UNTAD.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi mengenai Penggunaan
Alat Peraga dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement
Division yang dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII C SMP Negeri 3
Palu Pada Materi Penyajian Data. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian
Tindakan Kelas (PTK). Rancangan penelitian yang dilakukan mengacu pada desain
penelitian yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart yakni: (1)
perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan(4) refleksi. Penelitian ini
di laksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII C SMP
Negeri 3 Palu. Subyek penelitian ini sebanyak 29 orang peserta didik dan dipilih tiga
siswa sebagai informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga
dalam model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division
(STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII C SMP Negeri 3 Palu pada
materi penyajian data dengan mengikuti fase-fase model pembelajaran kooperatif
tipe Student Teams Achievement Division (STAD) sebagai berikut: (1) penyampaian
tujuan dan memotivasi siswa, peneliti memberikan motivasi belajar dengan cara
menjelaskan manfaat mempelajari materi penyajian data serta membangkitkan
pengetahuan awal siswa, (2) penyajian/penyampaian informasi, memberikan
informasi tentang cara penggunaan alat peraga pada materi penyajian data, (3)
pengorganisasian siswa kedalam kelompok-kelompok belajar, peneliti mengkordinir
siswa agar duduk sesuai dengan kelompoknya, dan menyampaikan tugas dalam
kelompoknya, (4) pembimbingan kelompok belajar dan bekerja, peneliti
membimbing dan mengarahkan siswa dalam menyelesaikan LKPD dengan bantuan
alat peraga, (5) evaluasi, peneliti memberikan tes evaluasi untuk mengetahui
perkembangan pengetahuan siswa, dan (6) pemberian penghargaan, peneliti
memberikan penghargaan berupa tepuk tangan, pujian dan hadiah sebagai
penghargaan atas usaha bersama.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
L Pendidikan > Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ika Selfia
Date Deposited: 12 Nov 2025 01:32
Last Modified: 12 Nov 2025 01:32
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151302
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item