-, Serlin (2012) MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI METODE PEMBERIAN TUGAS DI KELOMPOK B TK IDHATA MARANA. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Serlin, 2012 : Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Metode
Pemberian Tugas di Kelompok B TK Idhata Marana. Skripsi, Program
Studi Pendidikan Guru Taman Kanak-Kanak, Jurusan Ilmu Pendidikan,
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako,
Pembimbing (I) Muraeni Mursanib, (II) Rizal.
Kata kunci : Kemampuan kognitif, Metode pemberian tugas
Masalah pokok dalam penelitian ini adalah apakah melalui penggunaan metode
pemberian tugas dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak di kelompok B
TK Idhata Marana?. Tujuan penelitian untuk meningkatkan kemampuan kognitif
anak melalui metode pemberian tugas di kelompok B TK Idhata Marana.
Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus 2011 di TK Idhata Marana dengan
melibatkan seluruh anak di kelompok B yang berjumlah 12 orang yang terdiri dari
7 orang anak laki-laki dan 5 orang anak perempuan. Penelitian ini dibagi menjadi
3 tahap yaitu pra tindakan, siklus I, dan Siklus II untuk melihat sejauh mana
perubahan yang ditunjukkan oleh anak tentang peningkatan kemampuan kognitif
anak sebelum dan setelah dilaksanakan penelitian tindakan kelas. Untuk
mengukur peningkatan kemampuan kognitif anak melalui penggunaan metode
pemberian tugas, dilakukan dengan cara penilaian terhadap eksperimen membuat
minuman jeruk, mengelompokkan benda menurut bentuknya, menyusun puzzle,
dan menggambar rumah.
Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa terdapat peningkatan terhadap
kemampuan kognitif anak setelah dipergunakan metode pemberian tugas di dalam
kelas sebagai metode pembelajaran oleh guru pada anak didik di TK Idhata
Marana. Hal ini dapat dilihat pada perolehan hasil penilaian akhir dari kegiatan
penelitian ini, yaitu kategori baik pada penilaian eksperimen membuat minuman
jeruk ada 8 orang (66,67%), mengelompokkan benda menurut bentuknya terdapat
9 orang (75,00%), menyusun puzzle terdapat 9 orang (75,00%), dan menggambar
rumah terdapat 10 orang (83,33%). Melihat perolehan hasil penelitian di atas,
maka dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan metode pemberian tugas di
dalam proses pembelajaran di kelompok B TK Idhata Marana dapat membantu
meningkatkan kemampuan kognitif anak.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika L Pendidikan > Pendidikan Matematika |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Bayu Anggara Permana |
| Date Deposited: | 12 Nov 2025 02:52 |
| Last Modified: | 12 Nov 2025 02:52 |
| URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151317 |
| Baca Full Text: | Baca Sekarang |

