KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 1 PARIGI KABUPATEN PARIGI MOUTONG

-, SAFRIYANSA (2017) KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 1 PARIGI KABUPATEN PARIGI MOUTONG. Sarjana thesis, Untad.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Parigi, permasalahan pada
penelitian ini adalah Rencan Pelaksanaan Pembelajaran yang dibuat oleh guru
geografi tidak sesuai dengan yang diterapkan di dalam kelas, salah satu di
antaranya adalah di dalam RPP terdapat beberapa media yang direncanakan oleh
guru, namun pada saat pembelajaran berlangsung guru tidak terlihat menyediakan
media tersebut, selain itu metode dan langkah-langkah yang direncanakan di RPP
tidak sesuai dengan yang diterapkan oleh guru ketika pelaksanaan pembelajaran di
dalam kelas, sehingga penelitian ini di fokuskan pada permasalahan dalam
penelitian ini, yaitu bagaiman kompetensi pedagogik guru dalam Pembelajaran
geografi di SMA Negeri 1 Parigi. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan
menjelaskan kompetensi guru dalam rencan pembelajaran dan pelaksanaan
pembelajaran geografi di SMA Negeri 1 Parigi. Jenis penelitian ini adalah
deskritif kualitatif, subjek penelitian adalah guru geografi di SMA Negeri 1 Parigi.
Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data
observasi yaitu peneliti melakukan pengamatan langsung terhadap kompetensi
guru, yakni kompetensi guru dalam rencana pembelajaran dan kompetensi
pedagogik guru dalam pelaksanaan pembelajaran geografi di SMA Negeri 1
Parigi. Data observasi tersebut di olah dengan menggunakan instrument penilaian
APKG 1 dan APKG 2, selanjutnya data yang diperoleh dari hasil wawancara dan
dokumentasi diuraikan dengan menggunakan pendekatan deskritif kualitatif dan
sebagai penguatan dari hasil observasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa,
guru geografi di SMA Negeri 1 Parigi, dalam aspek membuat rencana
pembelajaran geografi yaitu memiliki nilai rata-rata 3,22 berada pada kategori
baik, dan dilihat dari aspek kompetensi guru dalam hal pelaksanaan pembelajaran
geografi yaitu memiliki kemampuan dengan nilai rata-rata 3,02 berada pada
kategori baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
L Pendidikan > Pendidikan Geografi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Anti Anti
Date Deposited: 14 Nov 2025 08:09
Last Modified: 14 Nov 2025 08:09
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151328
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item