-, SRI HANDAYANI (2013) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF PADA KELOMPOK B TK ALHIDAYAH TALISE PALU UTARA. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Sri Handayani (2013). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui
Penggunaan Alat Permainan Edukatif Pada Kelompok B TK Alhidayah
Talise Palu Utara. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru PAUD, Jurusan
Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas
Tadulako. Pembimbing (I) Hj. Widayati Pujiastuti, (II) Muraeni Mursanib
Kata Kunci : Peningkatan Motorik Halus Anak, Alat Permainan Edukatif
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Terdiri beberapa aspek
perlakuan dan pengamatan utama yaitu peningkatan motorik halus anak.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah motorik halus anak dapat
ditingkatkan melalui alat permainan edukatif di kelompok B TK Alhidayah Talise
Palu Utara? Dan tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motorik halus
anak melalui alat permainan edukatif. Penelitian dilaksanakan di TK Alhidayah
Talise Palu Utara, melibatkan 15 orang anak terdiri atas 8 orang anak laki-laki dan
7 orang anak perempuan yang terdaftar pada tahun ajaran 2012/2013.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart
yang terdiri atas dua siklus. Di mana pada setiap siklus dilaksanakan tiga kali
pertemuan di kelas dan setiap siklus terdiri empat tahap yaitu perencanaan,
pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data yang dikumpulkan melalui teknik
obsevasi, wawancara, dan pemberian tugas kemudian dianalisis secara deskriptif
dari data kualitatif dan kuantitatif
Data yang dikumpulkan sebelum tindakan pengamatan motorik halus anak
dalam membuat macam-macam bentuk dari kertas kategori SB 6,66%, B 13,33%,
C 26,66%, dan K 53,33%, kemudian motorik halus anak membuat macam-macam
bentuk dari plastisin dengan kategori SB 0%, B 13,33%, C 20%, K 66,66%, dan
pengamatan menyusun balok menjadi suatu bangunan dengan kategori SB 6,66%,
B 6,66%, C 13,33%, K 73,33%. Setelah dilakukan tindakan maka hasil penelitian
ini dapat disimpulkan bahwa melalui alat permainan edukuatif dapat
meningkatkan motorik halus anak, terbukti ada peningkatan motorik halus anak
dari siklus I ke siklus II yang diamati dalam membuat macam-macam bentuk dari
kertas kategori sangat baik dan baik dari 53,33% menjadi 79,99% (26,66%),
peningkatan motorik halus anak dalam membuat macam-macam bentuk dari
plastisin kategori sangat baik dan baik dari 46,66% menjadi 80% (33,34%),
kemudian yang terakhir pengamatan anak dalam menyusun balok mejadi suatu
bangunan kategori sangat baik dan baik dari 53,33% menjadi 86,66% (33,33%).
Secara umum terjadi peningkatan dari semua kemampuan yang diukur. Sehingga
dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan alat permainan
edukatif dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak di TK Alhidayah
Talise Palu Utara.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini L Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
| Depositing User: | Bayu Anggara Permana |
| Date Deposited: | 12 Nov 2025 05:49 |
| Last Modified: | 12 Nov 2025 05:49 |
| URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151366 |
| Baca Full Text: | Baca Sekarang |

