DESAIN DAN VALIDASI SPARKOL VIDEOSCRIBE MATERI KOLOID SEBAGAI MEDIA EDUKASI KIMIA

-, RENY SEPTIANI (2018) DESAIN DAN VALIDASI SPARKOL VIDEOSCRIBE MATERI KOLOID SEBAGAI MEDIA EDUKASI KIMIA. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Reny Septiani, 2018. Desain dan Validasi Sparkol Videoscribe Materi Koloid
Sebagai Media Edukasi Kimia. Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan
Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing : (1) Supriadi (2) Ijirana.
Jenis Penelitian ini adalah Research and Development (R&D), yang betujuan
untuk memperoleh desain sparkol videoscribe materi Koloid dan validitas sebagai
media edukasi kimia ditinjau dari para ahli sebagai pakar teori. Objek penelitian
ini adalah sparkol videoscribe. Pengumpulan data terbagi menjadi dua, yaitu data
desain media dan validitas media yang didesain dengan menggunakan lembar
penilaian dari 5 orang ahli, yaitu 3 ahli media pembelajaran dan 2 ahli materi
kimia. Data dianalisis secara deskriptif untuk menentukan justifikasi dari validitas
objek penelitian. Hasil analisis data yang diperoleh bahwa sparkol videoscribe
materi Koloid yang didesain memiliki karakteristik yaitu gambar, animasi tangan
yang bergerak, musik, penjelasan materi berupa suara dan susunan kalimat yang
disatukan dalam animasi papan tulis berwarna putih. Desain dinyatakan valid
dengan kategori sangat baik menurut para ahli dan dapat digunakan sebagai media
edukasi kimia dengan skor 3,7 berdasarkan skor total dari ahli media
pembelajaran dan 3,45 berdasarkan skor total dari ahli materi kimia.
Kata Kunci : Sparkol Videoscribe, Media Edukasi Kimia, Media Pembelajaran,
Koloid, Research and Development

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Matematika dan IPA > Kimia
Q Science > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA > Kimia
Library of Congress Subject Areas > Q Science > Kimia
Depositing User: Megawati -
Date Deposited: 12 Nov 2025 06:15
Last Modified: 12 Nov 2025 06:15
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151379
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item