PENGARUH PENDIDIKAN TK TERHADAP PRESTASI BELAJAR ANAK KELAS II SD DI WILAYAH KECAMATAN LINDU KABUPATEN SIGI

-, MARIATI (2011) PENGARUH PENDIDIKAN TK TERHADAP PRESTASI BELAJAR ANAK KELAS II SD DI WILAYAH KECAMATAN LINDU KABUPATEN SIGI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS TADULAKO.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mariati, 2011. “Pengaruh Pendidikan TK Terhadap Prestasi Belajar Anak Kelas II SD Wilayah Kecamatan Lindu Kabupaten Sigi” Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Taman Kanak-kanak Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing : (1) Euis Karningsih (2) Muraeni Mursanib.
Kata Kunci: Pendidikan TK, Prestasi Belajar
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah ada perbedaan prestasi belajar antara murid yang melalui jenjang pendidikanTK dengan murid yang tidak melalui jenjang pendidikan TK murid kelas 2 SD di wilayah Kecamatan Lindu? Serta apakah ada pengaruh antara pendidikan di TK dengan prestasi belajar murid di SD Sewilayah kecamatan Lindu ?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar antara murid melalui jenjang pendidikan TK dengan murid yang tidak melalui jenjang TK pada murid kelas 2 SD di wilayah Kecamatan Lindu. Populasi penelitian ini adalah semua murid kelas 2 SD yang ada di wilayah Kecamatan Lindu sejumlah 130 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi kepustakaan (Library Research) dan studi lapangan yang menggunakan teknik pengumpulan data, dokumentasi, interview, dan observasi sedangkan teknik pengelolaan data dilakukan secara analisa persentase.
Hasil penelitian membuktikan bahwa dari 36 murid kelas 2 yang dijadikan sampel 18 responden/murid terdapat 90% resmelalui jenjang pendidikan TK ada 28% memperoleh nilai rata-rata 76-79 dan 72% responden/murid mendapat nilai rata-rata 80-84. Sedangkan 18 responden/murid yang tidak melalui jenjang pendidikan TK 22% memperoleh nilai rata-rata 67-70 dan 78% memperoleh nilai rata-rata 71-74. Nilai terendah murid kelas 2 yang menempuh jenjang pendidikan TK 76 dan tertinggi 84. Sedangkan nilai terendah murid kelas 2 yang tidak melalui jenjang pendidikan TK 67 dan tertinggi 74.
Kesimpulan yang penulis ambil dari uraian diatas bahwa Ada perbedaan prestasi hasil belajar anak yang melalui jenjang pendidikan pra sekolah (TK) dengan yang tidak melalui TK. Hasil perolehan nilai rata-rata murid melalui jenjang TK 80 dan tidak melalui jenjang TK 71 sehingga ada perbedaan nilai 9 untuk semua mata pelajaran murid kelas II SD Kecamatan Lindu. Sehingga jelas bahwa murid yang melalui jenjang pendidikan TK lebih bagus prestasinya jika dibandingkan dengan murid yang tidak melalui jenjang TK. Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh antara pendidikan TK terhadap prestasi belajar murid kelas II SD Kecamatan Lindu.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
L Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: ranny ranny
Date Deposited: 13 Nov 2025 00:37
Last Modified: 13 Nov 2025 00:37
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151411
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item