-, Subhi (2014) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PADA PEMBELAJARAN GERAK BENDA BIDANG STUDI IPA DI KELAS 1 SDN NO 3 SIBOANG. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Subhi (2014). “Meningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Alat Peraga Pada
Pembelajaran Gerak Benda Bidang Studi IPA Di Kelas 1 SDN No 3 Siboang”. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas
Tadulako. Pembimbing (I), Najamuddin Laganing, Pembimbing (II) Bustamin.
Kata Kunci : Hasil belajar, Alat peraga, dan Pembelajaran Gerak Benda
Metode pembelajaran sangat mempengaruhi tinggi rendahnya hasil belajar siswa.
Di kelas I SDN No 3, di kelas I pembelajaran masih ditekankan pada pembelajran
Tematik untuk itu diperlukan suatu metode pembelajaran yang dapat membantu siswa
dalam meningkatkan hasil belajar yang salah satunya adalah dengan penggunaan alat
peraga dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil
belajar siswa dan membantu siawa kelas I SDN No 3 Siboang mudah memahami
pembelajaran yang disampaikan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas
yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan
tindakan, observasi dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi hasil
belajar siswa yang diambil dari pemberian soal tes pada akhir siklus, kemampuan guru
dalam pengelolaan pembelajaran yang diambil dari lembar observasi kegiatan guru,
aktivitas siswa yang diambil dari lembar observasi kegiatan siswa. Jumlah siswa dalam
penelitian ini adalah 13 siswa terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan. Hasil
penelitian menunjukkan hasil belajar siswa dari 53 (nilai rata-rata hasil belajar sebelum
penelitian) menjadi 67,69 (siklus I) dan 84,61 (siklus II). Begitupun dengan ketuntasan
klasikal meningkat dari ketuntasan 61,53% pada siklus I menjadi 92,30% pada siklus II.
Demikian pula peningkatan daya serap klasikal dari 67,69% pada siklus I menjadi
84,61% pada siklus II, maka dapat disimpulkan bahwa perbaikan pembelajaran dengan
menggunakan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas I SDN No 3
Siboang.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar L Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Bayu Anggara Permana |
| Date Deposited: | 13 Nov 2025 02:01 |
| Last Modified: | 13 Nov 2025 02:01 |
| URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151436 |
| Baca Full Text: | Baca Sekarang |

