PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SDN VILAO

ASTIN (2011) PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SDN VILAO. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah apakah metode diskusi kelompok dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SDN Vilao pada mata pelajaran IPS. Adapun tujuan penelitian ini untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS melalui metode diskusi kelompok. Untuk mengkaji masalah di atas, peneliti melakukan penelitian deskritif yaitu suatu bentuk penelitian tindakan kelas yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah 13 orang murid kelas IV SDN Vilao terdiri atas 9 orang laki-laki dan 4 orang perempuan yang bervariasi kemampuannya. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi dan tes hasil belajar. Data yang telah dikumpulkan melalui dua siklus dan dianalisis dengan menyertakan sejumlah tabel-tabel frekuensi dan hasil prosentase serta penjelasan yang mendasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS mengalami peningkatan, untuk siklus I nilai rata-rata 5,7 siklus II meningkat menjadi 8,4 dengan daya serap klasikal berhasil ditingkatkan menjadi 85%. Siswa termotivasi dengan penggunaan metode diskusi kelompok dalam meningkatkan motivasi belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
L Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Ahmad Zuhri
Date Deposited: 13 Nov 2025 02:13
Last Modified: 13 Nov 2025 02:13
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151447
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item