MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI METODE DISKUSI PADA PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS VI SDN No 1 POLANDO JAYA KABUPATEN DONGGALA

-, VICTOR ONRI JAKOBIS PAH (2014) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI METODE DISKUSI PADA PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS VI SDN No 1 POLANDO JAYA KABUPATEN DONGGALA. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Viktor O.J. Pah. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Metode Diskusi pada
Pembelajaran IPS Siswa Kelas VI SDN No. I Polando Jaya Kabupaten Dongggala.
Skripsi Program Sarjana (S-1) Bagi Guru dalam Jabatan, Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Dwi Septiwiharti, Pembimbing
(II) Charles Kapile.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menerapkan Model
Pembelajaran diskusi . Model pembelajaran Diskusi adalah suatu cara penyajian
bahan pelajaran dimana guru memberi kesempatan pada sisiwa (kelompok) untuk
mengadakan perbincangan ilmiah guna mengumpulkan pendapat, membuat
kesimpulan atau menyusun berbagai alternative pemecahan suatu masalah. Masalah
yang hendak dipecahkan dalam penelitian ini adalah apakah dengan model
pembelajaran diskusi kelompok dapat meningkatkan hasil belajar siswa dikelas VI
SDN No. I Polando Jaya. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, pada setiap siklus
terdiri dari empat tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.
Penelitian ini melibatkan 10 siswa dikelas VI SDN No. I Polando Jaya, yang tediri
dari 6 siswa laki-laki dan 4 siswa perempuan Hasil penelitian menunjukkan
bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa seiring dengan diterapkannya model
pembelajaran diskusi yakni dapat dilihat dari hasil observasi aktivitas siswa yang
diperoleh pada siklus I, yakni 56,67% dan 71,67%, serta aktifitas siswa dalam
kategori cukup. Pada siklus II diperoleh 73,33% dan 88,33% dengan peningkatan
aktifitas siswa berada dalam kategori sangat baik dan hasil belajar siswa pada siklus I
yang diperoleh daya serap klasikal yaitu 78% dan pada siklus II daya serap klasikal
92% Dengan demikian, berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa
penggunaan model pembelajaran diskusi dapat meningkatkan hasil belajar siswa
dikelas VI SDN No. I Polando Jaya
Kata Kunci : Peningkatan Hasil Belajar Siswa; Metode Diskusi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
L Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Bayu Anggara Permana
Date Deposited: 13 Nov 2025 02:34
Last Modified: 13 Nov 2025 02:34
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151453
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item