-, MIGRAN (2013) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN PAIKEM PADA PEMBELAJARAN PKn DI KELAS V SD AL-KHAIRAAT PEBATAE KECAMATAN BUMI RAYA KABUPATEN MOROWALI. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Migran, 2014. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan PAIKEM Pada Mata Pelajaran PKn Di Kelas V SD Alkhairaat Pebatae Kecamatan Bumi Raya Kabupaten Morowali“. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Drs. Syakir Mahid, M.Hum (II) Shalehuddin.
Permasalahan yang mendasar pada penelitian ini adalah apakah dengan melalui metode pendekatan PAIKEM dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Al-Khairaat Pebatae pada mata pelajaran PKn. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui pendekatan PAIKEM pada pembelajaran PKn di kelas V SD AL-Khairaat Pebatae Kecamatan Bumi Raya Kabupaten Morowali. Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dikelas V SD Al-Khairaat Pebatae yang berjumlah 15 orang siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian yang berusaha memecahkan masalah kesulitan belajar siswa melalui pembelajaran yang Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenagkan ( PAIKEM ) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Al-Khairaat Pebatae Kecamatan Bumi Raya. Desain penelitian inin mengacu pada model penelitian yang dikemukakan oleh Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari 4 komponen yaitu ( 1 ) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Adapun hasil penelotian pada pembelajarn kedua presentasi hasil belajar siswa kelas V SD Al-Khairaat Pebatae dalam pembelajaran PKn melalui pendekatan PAIKEM, yakni tidak ada siswa memperoleh nilai tertinggi 85 ( sangat baik ) dengan presentasi 0%. 4 siswa memperoleh nilai 80 ( baik ) dengan presentasi 22%, 11 siswa memperoleh nilai 75 ( cukup ) dengan presentasi 78%, dan tidak ada siswa memperoleh nilai 65 ( kurang ) dengan presentasi 0%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa hasil belajar siswa kelas V SD Al-Khairaat Pebatae dalam pembelajaran PKn mencapai nilai rata-rata 76 ( cukup ). Dari hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn melalui pendekatan PAIKEM seluruh siswa kelas V SD Al-Khairaat Pebatae dinyatakan telah mencapai Kriteria Ketuntasa Minimal ( KKM ) yakni 76 ( berhasil ). Dengan demikian hasil belajar siswa kelas V SD Al-Khairaat Pebatae Kecamatan Bumi Raya dinyatakan berhasil dan hipotesis dalam penelitan ini diterima.
Kata Kunci: “Hasil Belajar Siswa dan Metode PAIKEM “
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar L Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Bayu Anggara Permana |
| Date Deposited: | 13 Nov 2025 02:59 |
| Last Modified: | 13 Nov 2025 02:59 |
| URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151464 |
| Baca Full Text: | Baca Sekarang |

