SALMA (2012) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MEDIA GAMBAR DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI WATUTINONGGO KECAMATAN KINOVARO KABUPATEN SIGI. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan media gambar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV SDN Watutinonggo pada mata pelajaran IPS. Adapun tujuan penelitian ini untuk meningkatkan prestasi belajar siswa melalui penggunaan media gambar. Untuk mengkaji masalah di atas, peneliti melakukan penelitian deskritif yaitu suatu bentuk penelitian tindakan kelas yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah 14 orang murid kelas IV SDN Watutinonggo terdiri atas 5 orang laki-laki dan 9 orang perempuan yang bervariasi kemampuannya. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi dan tes hasil belajar. Data yang telah dikumpulkan melalui dua siklus dan dianalisis dengan menyertakan sejumlah tabel-tabel frekuensi dan hasil persentase serta penjelasan yang mendasar. Dalam penelitian ini menggunakan metode Contekstual Teaching Learning (CTL). Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS mengalami peningkatan, untuk siklus I nilai rata-rata 5,5 daya serap klasikal 14%, siklus II meningkat menjadi 6,7 dengan daya serap klasikal berhasil ditingkatkan menjadi 67%. Siswa termotivasi dengan penggunaan media gambar dalam meningkatkan prestasi belajar dan berhasil dituntaskan sekitar 53%
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar L Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Mr Ahmad Zuhri |
| Date Deposited: | 13 Nov 2025 03:02 |
| Last Modified: | 13 Nov 2025 03:02 |
| URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151470 |
| Baca Full Text: | Baca Sekarang |

