-, ARFANDI BASRI (2017) HUBUNGAN STATUS GIZI DAN KEBUGARAN JASMANI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SDN 1 POSONA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS TADULAKO.
Full text not available from this repository.Abstract
Arfandi Basri, 2017. Hubungan Status Gizi dan Kebugaran Jasmani terhadap Prestasi Belajar Siswa SD Negeri I Posona (Studi Pada Siswa Kelas V SDN I Posona). Penullisan penelitian ini dibimbing oleh; pembimbing I: Jumain S.Pd., M.Pd. dan pembimbing II: Marhadi S.Si., M.Pd. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan (X) yang terdiri dari status gizi (X1), kebugaran jasmani (X2), terhadap prestasi belajar (Y) pada siswa SD Negeri I Posona.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif non eksperimen. Populasi penelitian ini adalah Siswa Sekolah Dasar Negeri 1 Posona sebanyak 129 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Cluster Sampling yaitu Siswa dikelas V SDN 1 Posona sebanyak 22 siswa. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes Antropometri Gizi yaitu dengan mengukur berat badan dan tinggi badan siswa dengan Indeks Massa Tubuh (BMI). Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linear berganda yang terlebih dahulu melakukan Uji Normalitas Data, Deskriptif Data, dan Pengujian Linearitas Data. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Hubungan antara Status gizi (X1) dan Kebugaran Jasmani (X2) secara serempak berhubungan tidak signifikan terhadap Prestasi Belajar Siswa (Y) dalam hal ini yaitu Siswa SD Negeri 1 Posona. 2) Variabel Status gizi (X1) secara parsial berhubungan tidak signifikan terhadap prestasi belajar siswa SD Negeri 1 Posona, dan untuk variabel kebugaran jasmani (X2) secara parsial juga berhubungan tidak signifikan terhadap prestasi belajar siswa SD Negeri 1 Posona. Dan saran dari penulis yaitu: 1) Bagi siswa SD Negeri 1 Posona diharapkan dapat mempertahankan status gizi yang sudah baik dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung gizi seimbang serta dapat mempertahankan dan meningkatkan kebugaran jasmani dengan memperbanyak aktivitas fisik dengan berolahraga. 2) Bagi guru sekiranya dapat membuat suatu program di sekolah dalam hal yang terkait dengan status gizi siswa agar bisa ditingkatkan atau bekerjasama dengan instansi pemerintahan yang berperan dibidang kesehatan dan guru juga harus memperhatikan aktivitas fisik siswa selama berada di sekolah atau mengadakan kegiatan ekstrakulikuler di luar jam sekolah. 3) Bagi peneliti selanjutnya diharapkan meneliti dengan menambahkan atau mengambil variabel lain dari variabel yang sudah ada pada penelitian ini.
Kata Kunci : Status gizi, kebugaran jasmani, dan prestasi belajar
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi L Pendidikan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi |
| Depositing User: | ranny ranny |
| Date Deposited: | 13 Nov 2025 03:34 |
| Last Modified: | 13 Nov 2025 03:34 |
| URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151483 |
| Baca Full Text: | Baca Sekarang |

