-, IKA WAHYUNI (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA SPLDV DI KELAS VIII A MTs NEGERI 4 PALU. Sarjana thesis, UNTAD.
Full text not available from this repository.Abstract
Ika Wahyuni. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk
Write untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita
SPLDV di Kelas VIII A MTs Negeri 4 Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan
Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam,
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1)
Ibnu Hadjar (2) Evie Awuy.
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi Penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe think talk write untuk meningkatkan hasil belajar
siswa dalam menyelesaikan soal cerita SPLDV di kelas VIII A MTs Negeri 4
Palu. Penelitan ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengacu pada
desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yakni (1) perencaan, (2) pelaksanaan
tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Subjek penelitian ini sebanyak 3 orang
siswa.Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Penerapan model pembelajaran
koopearatif tipe TTW dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam
menyelesaikan soal cerita SPLDV di Kelas VIII A MTs Negeri 4 Palu melalui
tahap-tahap sebagai berikut: (1) think, (2) talk, (3) write. Hasil penelitian: (1)
persentase ketuntasan belajar klasikal tes akhir tindakan pada siklus I mencapai
61,2% dan pada siklus II mencapai 74,19%, (2) hasil observasi aktivitas guru pada
siklus I memperoleh skor total 51 atau berada pada kategori baik, dan siklus II
memperoleh skor total 59 atau berada pada kategori sangat baik. (3) hasil
observasi aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor total 47 atau berada pada
kategori baik. dan siklus II memperoleh skor total 54 atau berada pada kategori
sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa
penerapan model pembelajaran koopearatif tipe TTW dapat meningkatkan hasil
belajar siswa dalam menyelesaikan soal cerita SPLDV di Kelas VIII A MTs
Negeri 4 Palu.
Kata kunci: model pembelajaran, kooperatif, think talk write, hasil belajar, soal
cerita, SPLDV
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika L Pendidikan > Pendidikan Matematika |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | okky anugrah |
| Date Deposited: | 13 Nov 2025 03:35 |
| Last Modified: | 13 Nov 2025 03:35 |
| URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151488 |
| Baca Full Text: | Baca Sekarang |

