PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) BERBASIS METODE TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 4 PALU

-, YETI TRI YULIANA (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) BERBASIS METODE TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 4 PALU. Sarjana thesis, UNTAD.

Full text not available from this repository.

Abstract

Yeti Tri Yuliana, 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams
Achievement Divisions (STAD) Berbasis Metode Talking Stick Terhadap Hasil Belajar
Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Di SMA Negeri 4 Palu. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam,
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing
(I)Mohammad Jamhari
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe
STAD berbasis metode talking stick terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran
Biologi di SMA Negeri 4 Palu. Jenis penelitian ini yaitu eksperimen semu (quasy
experimental) dengan desain penelitian control group posttest-only design. Populasi
dalam penelitian ini yaitu seluruh di SMA Negeri 4 Palu. Sampel dalam penelitian ini
yaitu siswa kelas siswa kelas X IPA 4 dan XI IPA 2 sebagai kelompok eksperimen dan
X IPA 2 dan kelas XI IPA 1 sebagai kelompok pembanding, dengan jumlah keseluruhan
sampel yang digunakan yaitu 124 siswa. Teknik Pengambilan sampel yang digunakan
yaitu purposive sampling. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel terikat yaitu
hasil belajar siswa dan variabel bebas yaitu model pembelajaran kooperatif tipe STAD
berbasis metode talking stick dan model pembelajaran discovery learning. Hasil belajar
siswa diperoleh dari tiga aspek yaitu aspek afektif, aspek psikomotorik, dan aspek
kognitif. Hasil rata-rata dari ketiga aspek penilaian, pada kelompok eksperimen
diperoleh persentase sebesar 69% sedangkan pada kelompok pembanding sebesar 64%.
Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji statstik parametrik (uji-t). Setelah
dilakukan analisis data, diperoleh nilai ttabel 1.66 sedangkan nilai thitung 2.75. Hal ini
menunjukan bahwa nilai thitung berada diluar daerah penerimaan Ho, dengan demikian Ho
ditolak dan H1 diterima. Dengan kata lain hasil ini menyatakan bahwa terdapat pengaruh
model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis talking stick pada mata pelajaran
biologi terhadap hasil belajar di SMA negeri 4 Palu.
Kata Kunci : Student Teams Achievement Divisions (STAD), Talking stick, Hasil
Belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
L Pendidikan > Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: okky anugrah
Date Deposited: 13 Nov 2025 03:41
Last Modified: 13 Nov 2025 03:41
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151491
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item