PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA SISWA PADA PEMBELAJARAN PKn DI KELAS XI IIK 3 MAN 2 MODEL PALU

-, SITI HARDIANTI (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA SISWA PADA PEMBELAJARAN PKn DI KELAS XI IIK 3 MAN 2 MODEL PALU. Sarjana thesis, UNIVERSITAS TADULAKO.

Full text not available from this repository.

Abstract

Siti Hardianti, 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Kerjasama Siswa Pada Pembelajaran PKn di Kelas XI IIK 3 MAN 2 Model Palu. Program studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Jamaludin (II) Amran Mahmud.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan kerjasama siswa dalam proses pembelajaran PKn di kelas XI IIK 3 MAN 2 Model Palu. Subjek dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI IIK 3 yang berjumlah 18 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Rancangan penelitian tindakan kelas dilakukan dengan 2 siklus dengan prosedur penelitian yaitu rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian yaitu lembar observasi aktivitas siswa, aktivitas guru, dan kerjasama siswa siklus 1 dan 2. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa observasi aktivitas siswa siklus 1 68,75% dan siklus 2 mengalami peningkatan sebesar 90,62%. Aktivitas guru siklus 1 71,87% dan siklus 2 87,5%. Peningkatan kerjasama siswa berdasarkan hasil observasi pada siklus 2 dengan empat aspek yang dinilai yaitu saling membantu terdapat 1 orang siswa berada pada kriteria sangat baik, 4 orang siswa berada pada kriteria baik dan 13 orang siswa berada pada kriteria cukup. Indikator mengambil giliran dan berbagi tugas terdapat 3 orang siswa berada pada kriteria baik, 14 orang siswa berada pada kriteria cukup, dan 1 orang siswa berada pada kriteria kurang. Kemudian indikator berada dalam kelompok kerja saat kegiatan berlangsung terdapat 4 orang siswa berada pada kriteria baik, 12 orang siswa berada pada kriteria cukup, dan 2 orang siswa berada pada kriteria kurang. Indikator terakhir adalah menyelesaikan tugas tepat waktu terdapat 7 orang siswa berada pada kriteria baik, dan 11 orang siswa berada pada kriteria cukup. Secara keseluruhan siklus 2 terdapat 2 orang siswa berada pada kriteria sangat baik, 14 orang siswa pada kriteria baik, dan 2 orang siswa berada pada kriteria cukup. Meningkatnya hasil yang didapatkan pada siklus 1 dan siklus 2 maka dapat disimpulkan bahwa melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dapat meningkatkan Kerjasama siswa di kelas XI IIK 3 pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan materi pokok Pasal UUD 1945 yang Mengatur tentang Warga Negara dan Penduduk.

KataKunci : Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw; Kerjasama Siswa; Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan
L Pendidikan > Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan
Depositing User: ranny ranny
Date Deposited: 13 Nov 2025 03:53
Last Modified: 13 Nov 2025 03:53
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151496
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item