MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN PKn MELALUI METODE DISKUSI DI SDN 15 SINDUE

-, JEMA’AHYANI (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN PKn MELALUI METODE DISKUSI DI SDN 15 SINDUE. Sarjana thesis, UNIVERSITAS TADULAKO.

Full text not available from this repository.

Abstract

Jema Ahyani (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Pelajaran PKn melalui Metode Diskusi di SDN 15 Sindue. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Arif Firmansyah, Pembimbing (II) Rizal.

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran PKn. Tujuan Penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode diskusi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 15 Sindue yang berjumlaj 11 siswa yang terdaftar pada tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara bersiklus dengan menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri atas dua siklus. Hasil penelitian pra tindakan, Persentase ketuntasan klasikal hanya mencapai 45,45% dan daya serap klasikal 60% dengan jumlah siswwa yang tuntas 5 siswa dari 11 siswa kelas IV SDN 15 Sindue, hasil masih jauh dari minimal KKM 80 yang ditetapkan. Siklus I diperoleh persentase ketuntasan klasiksl 63,63% dan persentase ketuntasan klasikal 70,90% dengan jumlah siswa yang tuntas 7 dari 11 siswa dan yang tidak tuntas ada 4 siswa. Siklus II persentase ketuntasan klasikal meningkat sangat baik menjadi 100% dan daya serap klasikal 75,45% semua siswa tuntas, kenaikan persentase ketuntasan klasikal dari siklus I ke siklus II sebesar 36,37%. Disimpulkan bahwa metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran PKn SDN 15 Sindue.

Kata Kunci : Hasil Belajar, Metode Diskusi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
L Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: ranny ranny
Date Deposited: 13 Nov 2025 04:00
Last Modified: 13 Nov 2025 04:00
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151500
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item