MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) PADA MATERI PECAHAN DI KELAS V SDN 27 PALU

-, I KADEK DARMAYASA (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) PADA MATERI PECAHAN DI KELAS V SDN 27 PALU. Sarjana thesis, UNTAD.

Full text not available from this repository.

Abstract

I Kadek Darmayasa. 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model
Kooperatif Tipe Group Investigation (Gi) Pada Materi Pecahan Di Kelas V SDN 27
Palu. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu
Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako,
Pembimbing Hj. Akina.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) dapat meningkatkan hasil
belajar siswa pada materi pecahan di kelas V SDN 27 Palu?. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group
investigation (GI) yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pecahan.
Desain penelitian ini mengacu pada model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari
4 tahap, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan, (4)
refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam II siklus dan diterapkan pada siswa kelas
V SDN 27 Palu dengan jumlah 30 siswa yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 14
siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, wawancara,
catatan lapangan, dan dokumentasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan
kelas, hasil belajar siklus I ketuntasan belajar klasikal sebesar 66,6% dan siklus II
yaitu 96,6%. Persentase hasil observasi kegiatan guru siklus I sebesar 79%
dikategorikan baik dan siklus II sebesar 93% dikategorikan sangat baik. Sedangkan
hasil observasi kegiatan siswa sikus I sebesar 69,5% dikategorikan baik dan siklus II
sebesar 90% dikategorikan sangat baik. Hal ini menunjukan bahwa jika diterapkan
model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) pada materi pecahan
maka dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 27 Palu.
Kata Kunci : Hasil belajar, Model Pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation
(GI), Pecahan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
L Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: okky anugrah
Date Deposited: 13 Nov 2025 04:07
Last Modified: 13 Nov 2025 04:07
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151505
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item