-, MARDIA (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DENGAN METODE INKUIRI PADA SDN 2 KALORA KELAS V. Sarjana thesis, UNTAD.
Full text not available from this repository.Abstract
Mardia, 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKn dengan
Metode Inquiri pada SDN 2 Kalora Kelas V. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,
Universitas Tadulako. Pembimbing (I): Arif Firmansyah dan (II) : Rizal
Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Peneliti
memperoleh informasi sebagai berikut sebagai berikut: (1) Guru mengajarkan mata
pelajaran PKn, kurang melibatkan siswa secara aktif dalam interaksi belajar, sehingga
siswa kurang termotivasi, (2) Guru melaksanakan pembelajaran kebanyakan ceramah
tanpa membimbing bagaimana cara berdiskusi dan bertukar pikiran dalam
memecahkan masalah. (3) Guru kurang membimbing mengembangkan dan mengenal
konsep pelajaran PKn, sehingga bimbingan guru tersebut siswa dapat membangun
pemikirannya untuk menemukan konsep pada mata pelajaran PKn lebih rinci dan
mudah untuk dipahami. (4) Guru juga mengajarkan PKn tidak memberikan
keterhubungan antara materi dengan fenomena yang ada di lingkungan sekitar siswa.
Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan
penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, tiap siklus terdiri dari
perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian siswa
Kelas V SDN 2 Kalora berjumlah 22 siswa. hasil temuan dan pembahasan, maka hasil
penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode inkuiri dapat
meningkatkan hasil belajar siswa dan pemahaman konsep pada siswa kelas V SDN 2
Kalora. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan siswa dalam menjawab soal dimana pada
setiap siklusnya mengalami peningkatan yang cukup signifikan, yakni pada tes awal
tingkat pemahaman siswa hanya mencapai 0,58 dengan kualifikasi Sangat Kurang
(SK), pada tindakan siklus I tingkat pemahaman siswa mencapai 4,93 dengan
kualifikasi Kurang (K) sedangkan pada tindakan siklus II tingkat pemahaman siswa
mencapai mencapai 8,93 dengan kualifikasi Baik (B). Selanjutnya pada pelaksanaan
tes akhir tingkat pencapaian siswa mencapai 9,5 dengan kualifikasi Sangat Baik (SB).
Kata Kunci: Metode Inkuiri, Hasil Belajar, Pembelajaran PKn
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar L Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | okky anugrah |
| Date Deposited: | 13 Nov 2025 04:10 |
| Last Modified: | 13 Nov 2025 04:10 |
| URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151513 |
| Baca Full Text: | Baca Sekarang |

