-, H A S R A H (2012) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION PADA MATA PELAJARAN PKn DI SDN NO. 2 LABUAN LELEA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS TADULAKO.
Full text not available from this repository.Abstract
Hasrah, 2012. “Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV Melalui Model Pembelajaran Group Investigation pada Mata Pelajaran PKn di SDN No. 2 Labuan Lelea”. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Abduh H. Harun dan (2) Jamaluddin.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Group Investigation, Motivasi Belajar, PKn.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SDN No. 2 Labuan Lelea pada mata pelajaran PKn? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SDN No. 2 Labuan Lelea pada mata pelajaran PKn dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation. Siswa diharapkan menjadi lebih termotifasi, aktif dan kreaktif dalam proses belajar mengajar serta memperoleh nilai yang baik dan guru dapat terampil dalam mengatasi masalah pembelajaran di kelas.
Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Rancangan penelitian ini mengacu pada model Kemmis dan Mc Taggart, yang dilakukan dalam 2 siklus, dan setiap siklus terdiri dari empat tahapan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa dikelas IV SDN No. 2 Labuan Lelea yang berjumlah 25 orang, terdiri dari 13 orang laki-laki dan 12 orang perempuan. Data yang diambil pada penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif, yang meliputi lembar obsevasi dan hasil tes tindakan.
Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan motivasi belajar siswa terlihat dari hasil observasi siswa pada siklus I diperoleh persentase nilai rata-rata 67,86%. Sedangkan pada siklus II persentase nilai rata-rata 87,50% (mengalami peningkatan 19,67%). Sedangkan hasil observasi guru juga sudah menunjukkan peningkatan yaitu pada siklus I presentase nilai rata-rata 62,5%. Pada siklus II presentase nilai rata-rata 91,67% (mengalami peningkatan 29,17%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan Model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SDN No. 2 Labuan Lelea pada mata pelajaran PKn.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar L Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Megawati - |
| Date Deposited: | 13 Nov 2025 04:14 |
| Last Modified: | 13 Nov 2025 04:14 |
| URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151514 |
| Baca Full Text: | Baca Sekarang |

